Sumedang dan Banten Diguncang Gempa, Lakukan 10 Hal ini Agar Kamu Selamat Saat Merasakan Getaran

JABAR EKSPRES – Dalam kurun waktu 3 hari, gempa terus mengguncang wilayah Jawa Barat dan Banten, khusunya di Sumedang dan Banten. Beberapa hal ini penting kamu lakukan agar kamu bisa selamat saat terjadi gempa.

Gempa yang mengguncang Sumedang terjadi saat malam pergantian tahun, yang berakibat fatal hingga ratusan rumah rusak dan ribuan orang diungsikan keluar bangunan.

Sejak peristiwa tersebut, gempa susulan terus terjadi hingga membuat masyarakat terus waspada, banyak yang khawatir jika tingkat keparahan dari kerusakan bangunan jadi membahayakan.

Baca juga : Gempa Banten M 5,9 Guncangkan Bandung

Sedangkan gempa di Banten terjadi pada Rabu 3 Januari 2024 dengan kekuatan Magnitudo 5,9. Getaran gempa bisa dirasakan hingga ke Bandung dan Sukabumi.

Melihat fenomena Gempa yang kini sering terjadi membuat masyarakat harus memiliki kesiapan jika sampai hal tersebut terjadi diwilayahnya.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan jika tiba-tiba merasakan ada getaran gempa, agar kita bisa selamat dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Tetap Tenang

Tetaplah tenang dan cobalah untuk meredakan panik. Ini akan membantu Anda untuk berpikir dengan jernih dan mengambil tindakan yang tepat.

2. Cari Perlindungan

Pindahkan diri Anda ke tempat yang aman. Jika mungkin, hindari jendela, dinding, dan barang yang dapat jatuh. Cari perlindungan di bawah meja atau meja yang kokoh.

3. Hindari Tempat Berbahaya

Jangan berada di dekat lemari kaca, jendela, atau barang berat lainnya yang bisa jatuh. Jika Anda berada di luar, hindari gedung, tiang listrik, dan struktur lain yang dapat roboh.

4. Jangan Menggunakan Elevator

Jangan mencoba menggunakan elevator selama gempa. Segera mencari tangga darurat untuk keluar dari gedung.

5. Selimuti Kepala dan Leher

Tutupi kepala dan leher Anda dengan tangan dan berjongkok untuk melindungi diri dari serpihan dan barang yang jatuh.

6. Tunggu di Tempat Terbuka

Jika Anda berada di luar ruangan, pindahlah ke tempat terbuka yang jauh dari gedung, tiang listrik, dan pohon.

Baca juga : 5 Gempa Bumi Paling Mematikan yang Tercatat dalam Sejarah, Kekuatan Alam yang Sangat Dahsyat!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan