Bahayanya Percaya Pada Ramalan Awal Tahun, Jangan Pernah Iseng Ikut Coba-coba

JABAR EKSPRES – Memasuki awal tahun baru ada saja berbagai macam ramalan yang memprediksi nasib seseorang untuk satu tahun kedepan.

Jangankan satu tahun, satu menit kedepan saja manusia tidak akan tahu apa yang akan terjadi. Karenanya ada larangan untuk percaya dengan berbagai ramalan awal tahun yang berkembang di masyarakat.

Peramal memang tidak selalu berbentuk seseorang yang membuka jasa meramal nasib orang lain, karena saat ini bentuk-bentuk ramalan sudah sangat bervariasi.

Bukan lagi seorang dukun atau paranormal yang mengklaim bisa meramal kejadian setahun akan datang.

Baca juga :  Ramalan Kehancuran Israel: Apa Kata Sheikh Yassin dan Henry Kissinger?

Tapi sudah berupa ramalan zodiak di media, atau bahkan yang sedang tren adalah filter ramalan 2024 di Media sosial seperti TikTok.

Allah Ta’ala berfirman,

قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Katakanlah (wahai Muhammad): Aku tidak kuasa mendatangkan kemanfaatan bagi diriku dan tidak pula kuasa menolak kemadharatan kecuali yang dikehendaki Allah.Dan andaikata aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemadharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”
(QS. Al-A’raf/7: 188)

Merupakan fakta, di awal tahun baru, banyak ramalan-ramalan muncul, beberapa orang sebenarnya tidak percaya, karena memang tidak masuk akal akan tetapi mereka tetap ikut sekedar coba-coba, iseng ataupun sekedar meramaikan.

Menurut Ustadz dr. Raehanul Bahraen dalam sebuah kajian, menyebutkan, ramalan ini bisa menjadi musibah baik dunia dan akhirat bagi pelakunya walapun sekedar iseng. Percaya dengan ramalan ilmu ghaib bisa diancam dengan kekafiran

Tentu saja musibah besar di akhirat kerena bisa diancam kekal di neraka.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

“Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada (Al-Qur’an) yang telah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad no. 9532, hasan)

Baca juga : Ramalan Shio 2024, Ini Dia 5 Shio yang Beruntung di Tahun Depan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ سَحَّرَ أَوْ سُحِّرَ لَهُ

“Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang beranggapan sial atau membenarkan orang yang beranggapan sial, atau siapa saja yang mendatangi tukang ramal atau membenarkan ucapannya, atau siapa saja yang melakukan perbuatan sihir atau membenarkannya.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan