Perubahan Hari Jadi Persib Menimbulkan Polemik

Lewat penelurusan guna memperkuat hipotesisnya, ditemukan koran terbitan tanggal 30 Desember tahun 1918 hasil cetakan surat kabar Kaoem Moeda. Di dalamnya diberitakan soal adanya perhadering pembentukan BIVB yang bakal dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 1919.

“Kami ke Jakarta lagi, ketemulah itu koran seminggu sebelumnya yakni 30 Desember 1918. Disebutkan disitu bahwa nanti akan diadakan perhadering tanggalnya itu 5 Januari dengan ada pertandingan-pertandingan tanggal 1, 5, 7 dan 12,” ungkapnya.

Namun apabila merujuk hipotesis awal tentunya tak bisa disimpulkan bahwa 5 Januari 1919 sebagai Hari Jadi Persib Bandung. Harus dilakukan analisa mendalam terkait penemuan-penemuan surat kabar terdahulu yang barangkali tertulis mengenai awal pembentukan BIVB.

Namun kunto mengaku, lewat pencariannya, tak didapat soal pembentukan BIVB sebelum 5 Januari 1919. Pada tahun 1914, hanya ditemukan akta notaris terkait pembentukan Bandung Voetbal Bond (BVB).

BACA JUGA: Bukan Lagi 14 Maret 1933, Persib Umumkan Perubahan Hari Jadi

“Tapi kami coba cek lagi kebelakang apakah ada lagi, ternyata gak ada. Yang ada itu dari Belanda yakni Bandoeng Voetbal Bond tahun 1914,” bebernya.

Dengan ditemukannya surat kabar yang terbit pada Senin, 30 Desember 1998. Yang mana disitu disebutkan bahwa tanggal 5 Januari 1919 bakal dilakukan Perhadering berikut bukti lain yakni koran 7 Januari 1919 yang tertulis bahwa Perhadering sukses dilaksanakan.

Dengan ini, Kunto Sofiyanto selaku Peneliti Hari Jadi Persib mengukuhkan, bahwa 5 Januari merupakan HUT tim kebanggaan asal Jawa Barat yakni Persib Bandung.

“Alhamdulilah dengan itu kami melaporkan bahwa kami menemukan hari Jadi Persib tanggal 5 Januari 1919,” pungkasnya.

Atas dasar hal tersebut, PT. PBB selaku pihak yang menaungi Persib meresmikan awal lahir Persib menjadi 5 Januari 1919. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan