Kementerian PUPR Bandung Sukses Gelar Karting Race 2023, Lomba Balap Gokar Listrik Pertama di Asia

JABAR EKSPRES – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Karting Race yang berlokasi di Sirkuit EV Kementerian PUPR Bandung pada Jumat hingga Minggu, 15-17 Desember 2023.

Dihadiri oleh Menteri PUPR, Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, serta tokoh olahraga Rif’at Helmy Sungkar, Fitra Eri, dan Alexandra Asmasoebrata menjadi sorotan utama di kalangan pecinta balap karting.

Sebanyak 1.141 penonton terdaftar memenuhi kehadiran mereka di Kementerian PUPR Bandung, menyaksikan aksi luar biasa dari para racer yang turut ambil bagian dalam acara ini.

Dalam perlombaan yang penuh tantangan ini, terdapat 5 racer kelas junior, 8 racer kelas senior, dan 5 racer kelas expert yang menampilkan kemampuan serta keahlian mereka di lintasan balap.

BACA JUGA: Warga Parungpanjang Desak Pemprov Jabar Realisasikan Jalur Khusus Truk Tambang

Menteri PUPR, Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme yang ditunjukkan oleh para penonton dan peserta.

Pada kesempatan ini, Ia juga terlibat aktif dalam balapan gokar listrik. Mengendarai gokar listrik, ia bersaing dengan pebalap profesional seperti Fitra Eri dan Alexandra Asmasoebrata, berhasil menyelesaikan balapan dengan posisi kedua.

“Masih kurang kalau tiga lap. Soalnya pas di lap tiga ini baru merasakan asyiknya. Asyik betul, seru. Saya kira ini fun, tapi ada challenge-nya, ada tantangannya, lain dengan saat menjadi sopir mobil,” kata Basuki, Sabtu (16/12).

Ia pun berencana untuk mengangkat acara ini ke tingkat nasional pada tahun 2024 mendatang. “Setelah ini saya akan laporkan ke Pak Presiden untuk lomba ini dibuat gelaran skala nasionalnya pada 17 Agustus 2024 nanti, sebagai peringatan kemerdekaan,” tambahnya.

Sementara itu, seorang pebalap, Alexandra Asmasoebrata, mengungkapkan kepuasannya dengan tarikan gokar listrik yang luar biasa, membuka harapan agar balapan ini dapat menjadi kejuaraan nasional di masa depan. “Semoga yang berpartisipasi jadi makin banyak, jadi kejuaraan nasional segera,” ungkap Alexandra.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Mobilitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat, yang juga tokoh terkemuka dalam industri olahraga Indonesia, Rif’at Helmy Sungkar, turut memberikan dukungan terhadap perkembangan olahraga balap karting di tanah air.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan