Jelang Libur Nataru, Pemprov Jabar Siapkan 53 Jalur Alternatif

JABAR EKSPRES  – Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) telah menyiapkan berbagai langkah. Diantaranya adalah  Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif.

Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, dalam persiapannya, ada 53 ruas jalan baik di jalur mudik maupun menuju objek wisata yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat alternatif di libur Nataru 2024.

“Yang kita persiapkan kalau tidak salah itu 24 ruas jalan di jalur mudik. Kemudian untuk jalur wisata, itu sekitar 29 ruas jalan. Jadi untuk persiapan Nataru ini yang lebih spesifik, kita menyiapkan beberapa jalur alternatif yang berpotensi digunakan masyarakat untuk mudik Nataru,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (13/12).

BACA JUGA: DLH Beberkan Bahaya Tancap APK dengan Paku di Pohon

Selain jalur alternatif, Bambang menambahkan DBMPR Jabar akan menghadirkan sebanyak 41 posko pelayanan yang disebar di beberapa titik pemantauan.

“Jadi nantinya posko itu akan memberikan layanan seperti jika ada kerusakan jalan akan segera kita lakukan penanganan. Tapi kita juga mempunyai 19 posko lainnya untuk menyiapkan alat berat, karena ada beberapa ruas jalan kita itu berpotensi terjadinya bencana longsor,” katanya.

Maka dengan adanya kesiapan ini, bambang menuturkan bahwa pihaknya akan terus memastikan agar pelaksanaan libur Nataru 2024 tetap berjalan lancar.

“Ini akan kita berlakukan di H-7. Makanya kita persiapkan agar layanan yang kita optimalkan ini, mudah-mudahan bisa membantu para pemudik untuk memastikan ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi itu, layak digunakan dan pengguna jalan juga nyaman,” pungkasnya.

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan