Penanganan Banjir Melong, Pemerintah Kota Fokus Tangani Kolam Retensi

“Kenapa ini perlu bebaskan, kita berharap penampang basah sungai itu semakin meningkat, sempadannya maupun untuk pembangunan turap nya,” tambahnya.

Dicky memaparkan, terkait dengan wilayah Melong sendiri, kedepannya akan merancang strategi penanganan sungai agar aliran air dapat mengalir baik hingga Citarum.

BACA JUGA: Antisipasi Bencana Banjir, JRN Bersihkan Sampah di Sungai Cicukang Bandung

“Selain itu yang di area Melong sendiri, ada sungai yang apakah nanti mau di luruskan atau di buat gorong-gorong, jadi supaya semua aliran itu masuk ke sungai Citarum dengan baik,” terangnya.

Saat ini Pemerintah Kota Cimahi memfokuskan pada penanganan kolam retensi di Cigugur. Tujuannya agar debit air yang mengalir ke wilayah Melong dapat berkurang.

“Prioritas utama saya pikir kolam retensi yang diatas, di tengah di Cigugur karena bilamana ditangani akan mengurangi debit air yang menuju ke Melong dan nantinya ke Citarum,” kata Dicky.

Dicky mengatakan, pihaknya telah membicarakan hal tersebut dengan pihak Badan Pengelola Cekungan Bandung dan BBWS agar dapat menyelesaikannya di tahun 2024.

“Itu sudah saya bicarakan, dan agar ini bisa di kawal oleh Badan Pengelola Cekungan Bandung untuk kemudian nanti bersama dengan BBWS untuk melakukan penanganannya secepat mungkin di tahun 2024,” ucap Dicky. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan