Pabrik Basreng di Cimahi Utara Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

JABAR EKSPRES – Kebakaran terjadi pada sebuah pabrik Basreng di Jl. Kolonel Masturi, Kp. Warung Muncang, Cimahi Utara, Minggu, 10 Desember 2023.

Berdasarkan laporan yang diperoleh dari Damkar Kota Cimahi, menerima laporan pada 01.44 WIB, tim Damkar tiba di lokasi pukul 01.57 WIB, dan penanganan selesai pada 02.29 WIB dengan respons time hanya dalam 13 menit.

Perkiraan waktu terjadinya kebakaran adalah pukul 01.30 WIB, dan obyek terbakar adalah pabrik Basreng dengan luas wilayah total sekitar 100 m². Sebelumnya, 20% area tersebut sudah mengalami kebakaran.

Luas objek yang terbakar adalah sekitar 20 m², dengan kondisi sebelum bloking dan setelah pemadaman sama-sama 20 m². Kejadian tersebut enyebabkan kerusakan pabrik sebesar 20%.

Penyebab kebakaran diketahui berasal dari korsleting listrik. Pabrik tersebut dimiliki oleh Asep (50).

BACA JUGA: Upaya Penanggulangan Banjir Melong, Pemkot Cimahi Perlu Kerjasama dengan Pemprov

Meskipun kebakaran ini menyebabkan kerusakan signifikan, tidak ada korban jiwa. Ada yang luka ringan, tetapi jumlah dan umur korban tidak teridentifikasi.

Dalam penanganan kebakaran ini, petugas dilibatkan dalam tindakan pemadaman, pendinginan, dan pendataan. Sebanyak 2 unit pancar dan 1 rescue serta personil dari Regu 2B terlibat dalam operasi ini.

Plt Damkar Kota Cimahi, Aep Mulyana membenarkan kejadian tersebut dengan menjelaskan kronologis singkatnya. Warga sekitar langsung berusaha memadamkan api yang menyala.

“Kronologis singkat, security Pesantren Misbahul Nur melihat api membesar dan segera memberitahukan warga setempat, berusaha memadamkan, dan menghubungi Mako Damkar,” ucapnya saat dihubungi melalui seluler oleh Jabar Ekspres, Minggu, 10 Desember 2023.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Damkar Cimahi, keseluruhan kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp5.000.000.

“Kerugian materiil akibat kebakaran ini mencapai Rp3.000.000 untuk bangunan dan Rp2.000.000 untuk barang atau isinya,” terang Aep.

BACA JUGA: SDN Baturengat 01 Desa Cigondewah Hilir Terendam Banjir, Ujian Semester Ditunda

Meskipun ada kerugian, tindakan cepat dari petugas pemadam berhasil mengendalikan kebakaran, mencegah kerusakan yang lebih besar.

Dalam hal ini, Aep memberi himbauan pada masyarakat terkait potensi kebakaran di musim hujan yang bisa saja terjadi baik di rumah tangga maupun tempat usaha.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan