Ini Alasan Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel Terpilih Jadi Moderator Debat Perdana Capres-Cawapres Pilpres 2024

Jabar Ekspres – Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai moderator debat perdana calon presiden dan wakil calon presiden pada pilpres 2024.

Pemilihan Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel sebagai moderator debat capres-cawapres 2024 tidak lepas dari kualitas mumpuni keduanya.

Hal itu disampaikan oleh Augut Mellaz selaku Komisioner KPU, Ia mengungkapkan keduanya dipilih menyusul masukan dan tanggapan dari tim kampanye nasional masing-masing pasangan calon, sesuai Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023.

Sesuai keputusan tersebut, moderator wajib memenuhi kualifikasi seperti berasal dari kalangan profesional dan akademisi, memiliki integritas tinggi, bersikap netral, serta memiliki kemampuan tampil di muka publik.

BACA JUGA: Menohok! Ini Tanggapan Prabowo Soal Ejekan “Jualan Jokowi”

Ardianto Wijaya adalah sosok familier di televisi yang kerap menjadi pemandu acara diskusi, debat, dan sebagainya. Ia memiliki pengalaman yang luas dalam bidang jurnalistik dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Sementara itu, Valerina Daniel juga memiliki pengalaman yang tidak kalah mentereng. Ia juga kerap menjadi pemandu acara diskusi dan debat di televisi. Selain itu, pada tahun ini dia juga dipercaya menjadi pembawa acara pada Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka, 17 Agustus.

Moderator debat capres-cawapres memiliki peran yang sangat penting. Mereka harus mampu menjaga keberimbangan perlakuan dan kesempatan kepada tiap pasangan calon, memberikan kesempatan yang sama, baik dari sisi waktu maupun bobot pertanyaan. Selain itu, moderator juga dilarang memberikan komentar, penilaian, dan simpulan apa pun terhadap penyampaian dan materi dari setiap pasangan calon.

Modrator juga nantinya yang akan memainkan peran penting sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali pada debat.

Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel tentu akan menghadapi tantangan yang berat dalam menjalankan tugasnya sebagai moderator debat capres-cawapres 2024. Mereka harus mampu menjaga objektivitas dan netralitas, serta memastikan debat berlangsung secara berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA: Hadiri Mukernas MUI, Cak Imin Sampaikan Hal Ini Jika Menang Pilpres 2024

Debat capres-cawapres 2024 yang akan diselenggarakan pada selasa (12/12) itu akan berlangsung di Kantor KPU. Kegiatan ini akan menjadi ajang penting bagi para pasangan calon untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja mereka kepada masyarakat. Debat ini juga akan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menilai sosok dan kapasitas para pasangan calon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan