Contoh Materi Tes CAT Petugas Haji 2024, Apa Saja?

JABAR EKSPRES – Pendaftaran Petugas Haji 2024 dibuka mulai hari ini, ketahui lebih lengkap gambaran seleksinya salah satunya mengenai tes ujian CAT di bawah ini.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag berencana untuk membuka seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi.

Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 7 Desember 2023, demikian disampaikan oleh Direktur Bina Haji Ditjen PHU, Arsad Hidayat.

“Hari ini, kami umumkan ke publik bahwa pendaftaran seleksi petugas haji untuk PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi akan segera dibuka. Proses pendaftaran akan berlangsung dari 7 – 17 Desember 2023,” kata Arsad Hidayat dikutip dari laman Kemenag, (5/12/2023).

Menurut Arsad, seleksi petugas haji akan dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota.

BACA JUGA: Pelunasan Biaya Haji 2024 Bisa Dicicil, Bagaimana Caranya?

Para peserta yang memenuhi persyaratan akan mengikuti ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CAT). Peserta yang lolos seleksi tahap pertama akan diumumkan pada 23 Desember 2023.

Pada tingkat provinsi, selain mengikuti CAT, peserta juga akan menjalani tahap wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2023.

Seleksi CAT tingkat Kabupaten/Kota dijadwalkan pada tanggal 21 Desember 2023. Para peserta yang berhasil melewati tahap ini akan melanjutkan seleksi tingkat Provinsi.

Hasil seleksi tingkat Provinsi dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 11 Januari 2024. Dengan demikian, proses seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan transparan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Apa Saja Materi Tes CAT Petugas Haji?

Dilansir dari laman Kemenag, Materi Computer Based Test (CAT) untuk seleksi petugas haji mencakup beberapa substansi penting. Berikut adalah beberapa materi yang mungkin termasuk dalam CAT Petugas Haji:

  1. Regulasi Penyelenggaraan Ibadah Haji: Materi ini dapat mencakup pengetahuan tentang peraturan dan tata cara penyelenggaraan ibadah haji, termasuk aturan-aturan yang berkaitan dengan aspek logistik, administrasi, dan keamanan.
  2. Fikih Manasik Haji: Substansi ini mungkin melibatkan pemahaman terhadap tata cara pelaksanaan ibadah haji serta aspek-aspek fikih yang berkaitan dengan manasik haji.
  3. Tugas dan Fungsi Petugas Haji: Materi ini dapat mencakup pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh petugas haji, baik pada tingkat Kloter maupun dalam konteks penyelenggaraan di Arab Saudi.
  4. Wawasan Kebangsaan: Substansi ini mencakup pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan, budaya, dan norma-norma yang berlaku dalam konteks Indonesia.
  5. Moderasi Beragama: Materi ini mungkin melibatkan pemahaman terhadap konsep moderasi beragama dan pentingnya mengamalkan ajaran agama dengan seimbang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan