Baca Sholawat Busyro 41 Kali Usai Sholat Subuh, Lihat Keajaiban yang Akan Diterima

JABAR EKSPRES – Membaca sholawat merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan, salah satu yang sangat direkomendasikan dan dianjurkan oleh Rosulullaha dalah Sholawat Busyro.

Sholawat Busyro juga termasuk doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai penghormatan dan pengakuan bahwa Beliau adalah Nabi besar utusan Allah SWT.

Anjuran untuk membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW telah disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56, yang berbunyi:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya:
Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Baca juga : Lirik Sholawat Busyro Lengkap, Pembawa Rejeki dan Kemudahan Bagi Yang Mengamalkan

Beberapa keutamaan membaca sholawat, adalah mendapatkan banyak keutamaan, seperti mendapat syafaat, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT.

Sedangkan untuk sholawat busyro atau lebih lengkapnya sholawat busyro lana nilnal muna, yang artinya kabar gembira bagi kami, kami telah mendapatkan keinginan.

Sesuai dengan maknanya, sholawat ini memiliki khasiat yang luar biasa, seperti melancarkan rezeki, menghilangkan kesulitan, dan mengabulkan hajat.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya, perlu diperhatikan cara menjalankan amalannya. Sholawat busyro dikatakan diijazahkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharun, yaitu Habib Segaf bin Hasan Baharun, melalui mimpi.

Dalam mimpi tersebut, Rasulullah SAW membacakan sholawat kepada Habib Segaf dan menyuruhnya untuk menyebarkannya kepada umat Islam. Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa sholawat ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 41 kali setiap selesai shalat subuh.

Baca juga : Lirik Sholawat Alqolbu Mutayyam, Tentang Kerindungan yang Dalam

Berikut adalah bacaan sholawat busyro lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya:

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro shalatan tubasysyiruna biha Wa ahlana wa auladana wa jami’I masyayikhina wa mu’allimina wa thalabatana wa thalibatina Min yaumina hadza ila yaumil akhirah.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan atas baginda kami, Nabi Muhammad sebagai pembawa kabar gembira dengan berkah shalawat yang (juga) dapat memberikan kebahagiaan kepada kami, keluarga kami, anak-anak kami dan seluruh guru-guru kami dan orang yang senantiasa mengajarkan ilmunya kepada kami. Juga kepada murid-murid kami sejak hari ini hingga hari kiamat kelak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan