Daftar RS yang Siap Tampung Caleg Gagal di Jawa Barat

JABAR EKSPRES – Sejumlah Rumah Sakit (RS), sudah mulai membuka diri untuk menerima perawatan bagi calon legeslatif (Caleg) yang gagal dalam pemilu 2024, yang mengalami depresi atau masalah gangguan kesehatan mental. Berikut ada daftar RS yang tampung Caleg gagal dari beberapa daerah di Jawa Barat dan wilayah lain.

Persiapan RS yang akan tampung caleg gagal ini, merupakan langkah antisipasi berdasarkan pengalaman di pelaksanaan pemilu sebelum-sebelumnya.

Dimana banyak caleg yang mengalami depresi setelah gagal terpilih menjadi anggota legislatif, hingga mengalami gangguan mental dan butuh perawatan khusus.

Pasalnya banyak dari mereka yang sudah mengeluarkan banyak harta bahkan hingga berhutang demi menjadi anggota dewan, namun saat harapannya tidak tercapai langsung mengalami sakit, bukan hanya fisik namun hingga meneyrang mental mereka.

Baca juga : RSUD Otista Bandung Siapkan Ruang Khusus untuk Caleg Gagal

Karenanya ada beberapa rumah sakit yang menyediakan poli kejiwaan dengan psikolog maupun psikiatri yang siap merawat dan menyembuhkan para caleg yang gagal tersebut.

Berikut daftar beberapa RS yang menyatakan siap menampung dan merawat para caleg yang gagal tersebut dari beberapa daerah di Jawa Barat dan luar Jabar, dilansir dari berbagai sumber.

1. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandar Dinata (Otista), Soreang, Kabupaten Bandung

RSUD Otista Soreang Kabupaten Bandung sudah menyiapkan 10 ruangan khusus bagi caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akrena gagal terpilih dalam Pemilu 2024.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Otista Kabupaten Bandung dr. Marsudi, RSUD Otista Soreang selalu menyiapkan ruangan khusus setiap kali pelaksanaan pemilu.

”Kalau setiap ada kegiatan pemilu, kita selalu menyiapkan ruangan dan tempat pemeriksaan untuk caleg-caleg yang mengalami stres setelah pemilu, terutama bagi caleg-caleg yang kalah,” ujar dr Marsudi, dilansir dari Antara, Senin (27/11).

Dia juga menambahkan, RSUD Otista juga menyiapkan ruang khusus isolasi untuk menunjang perawatan yang maksimal.

2. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur

RSUD Sayang Cianjur juga menjadi salah satu rumah sakit yang siap menampung para caleg yang gagal dalam pemilu 2024.

Tinggalkan Balasan