5 Sholawat dan Doa Untuk Diamalkan saat Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

JABAR EKSPRES – Saat merayakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau sering juga kita sebut dengan Maulid Nabi, ada beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan. Diantaranya membaca sholawat dan memanjatkan doa Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ada beberapa sholawat yang khusus dinarasikan untuk Nabi Muhammad dimana didalamnya terkandung doa-doa untuk Nabi terakhir yang membawa keberkahan bagi seluruh alam tersebut.

Doa-doa yang terkandung dalam sholawat yang mengagungkan Rosulullah tersebut, akan memberikan banyak keutamaan bagi siapapun yang mau mengamalkannya. Apalagi jika dilakukan di hari bahagia yakni saat peringatan Maulid Nabi Muhammad.

Baca juga : 30 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 2023 Paling Aesthetik

Berikut sholawat dan doa yang bisa dipanjatkan saat Maulid Nabi Muhammad SAW :

1. Doa dalam Sholawat Nuril Anwar

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَالِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفضَالِهِ

Allahumma sholli ‘ala nuril anwar wa sirril asrar wa tiryaqil aghyar wa miftahi babil yasar sayyidina wa maulana muhammadinil mukhtar wa alihil ath-har wa ash-habihil akhyar ‘adada ni’amillahi wa ifdhalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholat atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka dan pembuka pintu kemudahan, junjungan kita Nabi Muhammad, manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya”.

2. Doa dalam Sholawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، وَ النَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِيْ إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلٰى آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqo, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim. Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ālihi, wa ashabihi haqqa qadrihi wal miqdari hill ‘azhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Baca juga : Selain Maulid Nabi Muhammad SAW, Ada Dua peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Rabiul Awal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan