Menteri PUPR Terima Keluh Kesah Warga Parung Panjang Soal Truk Tambang

BOGOR, JABAR EKSPRES – Anggota Komisi V DPR RI, Mulyadi menanggapi aksi demo warga Parung Panjang, Kabupaten Bogor terkait keluhan jam operasional truk tambang.

Terkait dengan aksi tersebut, Mulyadi langsung menyampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melalui rapat kerja (Raker) di Senayan, Senin 20 November 2o23.

“Ya saya dengar ada demo, tadi saya sampaikan langsung ke pak menteri supaya negara hadir untuk mengakhiri penderitaan rakyat Bogor Barat,” kata Mulyadi kepada Jabar Ekspres via WhatsApp, Selasa 21 November 2023.

Dalam rapat kerja dengan Menteri PUPR itu, Legislator Kabupaten Bogor dapil 5 ini juga menceritakan kondisi yang terjadi di wilayah Bogor Barat.

“Hari ini mereka sedang demo pak, demo terhadap operasional truk yang merepotkan dan mohon maaf menelan banyak korban. Warga Bogor Barat itu pak, tiap tahun bahkan puluhan tahun tersiksa,” tambahnya.

Politisi Partai Gerindra juga menyerahkan langsung aspirasi Pemerintah Kabupaten Bogor terkait jalan.

BACA JUGA: Menyoal Aksi Parung Panjang Bersatu, Ini Tanggapan Anggota DPR RI dan Menteri PUPR

“Sudah saya serahkan juga langsung aspirasi untuk jalan Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Mulyadi berharap, Menteri PUPR dapat mengintervensi bagaimana melakukan lintas koordinasi ke wilayah.

“Saya berharap dengan terobosan revisi undangan-undangan jalan barangkali negara dalam hal ini kementerian bapak bisa mengintervensi bagaimana melakukan lintas koordinasi ke wilayah supaya kesulitan masyarakat itu bisa teratasi. Termasuk ketika bapak intervensi jalan alternatif puncak,”tutupnya.

Sementara itu, Menteri Basuki Hadimuljono mengungkapkan, dirinya mengikuti perkembangan masalah yang ada di Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Hanya saja, jalan tersebut milik provinsi bukan jalan nasional, sehingga bukan menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Tetapi dengan adanya kasus ini yang dibicarakan pak Mulyadi. Saya ingin memohon pada beliau untuk mencarikan jalur alternatif yang bisa kita manfaatkan untuk memecah jalan tambang ini. Karena kalo engga tidak akan selesai,” tutupnya.

PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendatangi Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Minggu 19 November 2023. Kedatangannya untuk menindaklanjuti keluhan dari warga Parung Panjang terkait permasalahan jam operasional truk tambang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan