Hujan Deras Guyur Cibadak, Jalan Alternatif 3 Terancam Longsor

JABAR EKSPRES – Hujan deras yang melanda wilayah Cibadak pada Kamis malam, 16 November 2023, kemarin, sekitar pukul 19.00 WIB. Bertempat di Kampung Bungbulang, Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, hujan tersebut mengakibatkan Tembok Penahan Tanah (TPT) di jalan alternatif Cibadak mengalami longsor.

Dikonfirmasi oleh Sandra Fitria, selaku Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, mengatakan bahwa longsoran TPT yang terjadi di jalan alternatif Cibadak itu menghubungkan 3 kecamatan sekaligus.

BACA JUGA: Angin Kencang Terbangkan Atap Warga Kebonjati Sukabumi, BPBD Lakukan Hal Ini

“Panjang longsoran 10 meter, dengan tinggi 5 meter. Material longsoran sebagian menutupi saluran irigasi yang berada di bawahnya,” ujar Sandra saat dihubungi Jabar Ekspres pada Jumat, 17 November 2023.

Sandra mengatakan, dari kejadian tersebut, beruntung tidak ada korban jiwa. Tetapi dirinya memberikan imbauan kepada warga agar tetap berhati-hati.

“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka. Dan kepada masyarakat untuk tetap waspada, mengingat (sudah) masuk musim penghujan,” paparnya.

BACA JUGA: Tergerus Longsor di Batutulis, Pipa Saluran Air Bersih Milik Tirta Pakuan Langsung Direlokasi

Menurut Sandra, kendati jalan alternatif yang menghubungkan 3 kecamatan itu terancam longsor. Namun, masih bisa dilalui oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Kerugian materiil masih dalam kajian tim dan aparat desa telah melakukan pembatas jalan agar pengemudi kendaraan supaya lebih berhati-hati ketika melintasi area longsor tersebut,” tutupnya. (Mg9)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan