Jangan Salah, Ini Perbedaan Obesitas dan Overweight yang Perlu Kamu Tahu

JABAR EKSPRES – Banyak orang menyangka saat melihat seseorang dengan tubuh besar langsung disebut sebagai overweight atau malah obesitas. Padahal ada perbedaan mencolok antara obesitas dan overweight.

Untuk mengetahui perbedaan antara obesitas dan overweight kamu bisa mendapatkannya diartikel ini. Yang dimaksud dengan overweight adalah kondisi yang ditandai dengan kelebihan berat badan atau di atas ideal.

Sementara obesitas adalah kondisi kronis yang ditandai dengan penumpukan lemak dalam tubuh

Jadi tidak selamanya orang dengan badan besar dan kelebihan berat badan mengalami obesitas. Karena ada juga orang dengan tubuh besar namun lincah dan tidak memiliki lemak jahat dalam tubuhnya yang membuatnya menjadi obesitas.

Baca juga : Jalan Kaki Rutin Bisa Membantu Penderita Obesitas Menurunkan Berat Badan!

Penyebab utama overweight dan obesitas adalah ketidakseimbangan jumlah kalori yang dikonsumsi dengan jumlah kalori yang digunakan.

Orang yang mengidap obesitas memiliki kandungan lemak di atas normal sehingga berimbas pada risiko penyakit yang lebih serius bahkan mengancam jiwa.

Penyakit-penyakit tersebut di antaranya adalah gangguan jantung, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan pembuluh darah, dan beberapa jenis kanker.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko overweight dan obesitas adalah:

– Faktor genetik yang dapat memengaruhi cara kerja tubuh dalam memproses makanan menjadi energi serta cadangan lemak;

– Usia yang semakin bertambah dapat membuat massa otot tubuh semakin berkurang dan memperlambat proses metabolisme tubuh;

– Gangguan tidur yang dapat menyebabkan perubahan hormonal dan berdampak pada peningkatan rasa lapar dan keinginan untuk makan;

– Efek kehamilan berupa kenaikan berat badan dan kesulitan untuk kembali ke berat badan ideal;

– Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti PCOS, sindrom Prader-Willi, sindrom Cushing, hipotiroidisme, osteoartritis;

Cara membedakan Obesitas dan Overweight

Perbedaan overweight dan obesitas bisa dilihat dari jumlah indeks massa tubuh (BMI). Seseorang dikatakan overweight jika nilai BMI berada di antara 25-29,9, sementara disebut obesitas jika nilai BMI berada di atas 30. Berikut merupakan cara menghitung BMI:

BMI: Berat badan (kg) / [tinggi badan (m) x tinggi badan (m)]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan