10 Sayuran Ajaib yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dan Darah tinggi

JABAR EKSPRES – Ada 10 jenis sayuran yang disebut sebagai sayuran ajaib karena ampuh untuk turunkan kadar kolesterol dan darah tinggi.

Aneka sayuran yang turunkan kolesterol dan darah tinggi ini  ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita trigliseri tinggi dan Hipertensi, karena dengan rutin mengonsumsinya dengan takaran yang  benar, akan mampu menjaga kestabilan kondisi tubuh.

Penderita kolesterol tinggi akan mengalami berbagai keluhan sebagai tanda atau gejala jika kolesterol jahat dalam tubuhnya berada diluar batas aman, sama halnya dengan penderita darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala luar biasa. Biasanya keluhan dirasakan di kepala bagian belakang yang terasa berat dan pandangan melayang-layang. Bahkan dalam kasus yang berat ada yang sampai mual meski tidak sampai muntah.

Baca juga : Apa Saja Penyebab Kolesterol di Usia Muda?

Berbagai keluhan tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran yang memiliki kandungan senyawa tertentu.

Daftar Sayuran Ajaib untuk Turunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Beberapa sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mendukung pengendalian tekanan darah tinggi (hipertensi), sudah sepatutnya masuk kedalam menu rutin harian.

Beberapa sayuran tersebut diantaranya:

1. Bayam

Bayam mengandung serat, kalium, dan antioksidan seperti lutein yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan serat, vitamin C, dan senyawa sulforaphane yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

3. Kubis

Sayuran kubis mengandung serat yang tinggi dan senyawa-senyawa seperti glucosinolate yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten dan serat, yang dapat mendukung kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

5. Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki efek positif pada kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah.

Baca juga : Waspadai Beberapa Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi!

6. Kacang-kacangan

Terutama kacang almond, kenari, dan kacang merah. Mereka mengandung lemak sehat, serat, dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung.

7. Kubis hijau

Kubis hijau adalah sumber serat dan vitamin K yang dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan