Ciri-ciri yang Tampak Pada Orang yang Mendapatkan Hidayah

JABAR EKSPRES – Seorang hamba senantiasa berdoa meminta untuk selalu diberikan hidayah oleh Allah, hal ini karena hanya dengan hidayah tersebut, seseorang dengan kesadaran diri akan mulai bertobat dan memperbaiki diri dari kesesatan.

Hidayah adalah mutlak kekuasaan Allah, kepada siapa diberikan, kapan waktunya dan bagaimana caranya semua hanyalah Allah yang tahu. Sebagai hamba kita hanya bisa meminta dam merayu Allah agar mendapatkan perhatian Allah dengan limpahan hidayah dariNya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

سَيَقُوْلُ  السُّفَهَآءُ  مِنَ  النَّا سِ  مَا  وَلّٰٮهُمْ  عَنْ  قِبْلَتِهِمُ  الَّتِيْ  كَا نُوْا  عَلَيْهَا   ۗ قُلْ  لِّـلّٰهِ  الْمَشْرِقُ  وَا لْمَغْرِبُ   ۗ يَهْدِيْ  مَنْ  يَّشَآءُ  اِلٰى  صِرَا طٍ  مُّسْتَقِيْمٍ

“Orang-orang yang kurang akal di antara manusia akan berkata, Apakah yang memalingkan mereka (muslim) dari kiblat yang dahulu mereka (berkiblat) kepadanya? Katakanlah (Muhammad), Milik Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 142)

Baca juga :  16 Ciri Orang yang Dapat Hidayah dari Allah, Semoga Kamu Salah Satunya

Hidayah bisa diartikan sebagai petunjuk dari Allah agar hambanya kembali berjalan di jalan yang diriddhoi olehNya.

Sebenarnya semua orang bisa mendapatkan hidayah, namun mereka lupa untuk berusaha meraih dan mendapatkan hidayah itu.

Salah satu cara agar selalu mendapatkan hidayah dari Allah adalah dengan berdoa, berikut doa meminta hidayah atau petunjuk dari Allah :

رَبَّنَاۤ  اٰتِنَا  مِنْ  لَّدُنْكَ  رَحْمَةً  وَّهَيِّئْ  لَـنَا  مِنْ  اَمْرِنَا  رَشَدًا

“Ya Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahf 18: Ayat 10)

Seseorang yang sudah mendapaykan hidayah dari allah bisa dilihat dari beberapa hal, diantaranya :

1. Dipahamkan perkara agama.

Yakni ketika seseorang suda dapat membedakan mana yang sesuai Al Quran dan Hadis (Sunnah Rasulullah & sunnah Khulafaur Rasyidin).

2. Mulai mencari-cari (haus) kajian ilmu agama.

Seseorang yang mendapatkan hidayah selalu berusaha menambah dan mencari ilmu, senang menghadiri majlis taklim, senang mendengarkan ceramah agama, senang mempelajari Al Quran dan Hadits.

3. Membenahi ibadah.

Salah satunya dengan sholat yang sudah mulai sesuai sifat sholat Nabi dan sunnah-sunnahnya, membenahi cara wudhu’nya dan bacaan dzikir usai sholatnya.

4. Mulai menanyakan/ mencari apa dalil dari suatu ibadah.

Ketika seseorang menerima hidayah, dia akan mencari dasar hukum dari ibadah yang dilakukannya, tidak pernah lagi Taqlid Buta, tidak mau lagi ikut-ikutan saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan