5 Cara Meraih Hidayah dari Allah, Agar Semakin Dekat Menuju Surga

فَ‍َٔامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِ ٱلنَّبِيِّ ٱلۡأُمِّيِّ ٱلَّذِي يُؤۡمِنُ بِٱللَّهِ وَكَلِمَٰتِهِۦ وَٱتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمۡ تَهۡتَدُونَ

Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.” (Al-A’raf: 158)

3. Menelusuri jejak langkah salafush shalih

Hal ini dimaksudkan dalam hal keilmuan, agar bisa kita gunakan untuk berpegang dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

فَإِنۡ ءَامَنُواْ بِمِثۡلِ مَآ ءَامَنتُم بِهِۦ فَقَدِ ٱهۡتَدَواْۖ

Maka jika mereka beriman kepada apa yang kalian telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk.” (Al-Baqarah: 137)

Maksudnya, tidak ada jalan bagi ahli kitab untuk mendapatkan hidayah melainkan dengan keimanan kepada apa yang diimani oleh para sahabat kaum mukminin yang ada pada masa itu yaitu keimanan kepada segenap nabi dan rasul, tidak membedakan di antara mereka, juga beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkan kepada mereka.” (Taisir al-Karim ar-Rahman)

Ahli kitab tidak mungkin mendapatkan hidayah melainkan dengan mengikuti jejak langkah para sahabat dalam hal keimanan.

Meskipun ayat di atas berkenaan dengan ahli kitab, lafaznya umum mencakup siapa pun yang mendambakan hidayah. Yang teranggap adalah keumuman lafaz, bukan kekhususan sebab.

Maka dari itu, tidak ada jalan bagi siapa pun untuk meraih hidayah melainkan dengan meniti jejak langkah salafush shalih dari kalangan para sahabat, tabiin, dan tabi’ut tabiin.

Baca juga : 16 Ciri Orang yang Dapat Hidayah dari Allah, Semoga Kamu Salah Satunya

4. Mengikuti bimbingan para ulama As-Sunnah

Perhatikan firman Allah subhanahu wa ta’ala berikut ini tentang seruan Nabi Ibrahim alaihis salam kepada ayahnya.

يَٰٓأَبَتِ إِنِّي قَدۡ جَآءَنِي مِنَ ٱلۡعِلۡمِ مَا لَمۡ يَأۡتِكَ فَٱتَّبِعۡنِيٓ أَهۡدِكَ صِرَٰطًا سَوِيًّا

Wahai ayahku, sesungguhnya telah datang kepadaku sebagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus.” (Maryam: 43)

Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul hafizhahullah dalam kitabnya Makanatul Ilmi wal Ulama (hlm. 18) tatkala menyebutkan beberapa keutamaan ulama, mengatakan, Termasuk keutamaan mereka adalah bahwa mengikuti mereka merupakan.” (Sebab) hidayah kepada jalan yang lurus.

Beliau kemudian membawakan ayat di atas, juga surah Al-An’am ayat 53. Beliau kemudian menegaskan, “Barang siapa mengikuti ulama, dia telah mengikuti jalan yang lurus. Adapun barang siapa menyelisihi ulama dan menyia-nyiakan hak mereka, dia telah keluar menuju jalan setan dan berpisah dari jalan lurus yang ditelusuri oleh Rasul shallallahu alaihi wa sallam dan para pengikutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan