Di Inggris, Sebuah Robot AI Dijadikan Asisten Kepala Sekolah

JABAR EKSPRES – Kecerdasan buatan (AI) telah merambah berbagai industri dan mengotomatisasi berbagai pekerjaan yang dulunya di pegang oleh manusia, terkait hal ini sebuah kejutan datang dari sebuah sekolah di Inggris, di mana mereka telah mengangkat seorang robot AI sebagai kepala sekolah.

Cottesmore School, yang terletak di West Sussex, berkolaborasi dengan pengembang kecerdasan buatan untuk menciptakan robot AI yang di beri nama Abigail Bailey, dengan tujuan membantu dalam peran kepala sekolah.

Lihat juga : Alamak! Netflix Bakal Naikkan Harga Langganan

Di lansir dari NDTV pada Rabu (18/10/2023), Kepala Sekolah Cottesmore, Tom Rogerson. Menjelaskan kepada The Telegraph bahwa robot ini di gunakan untuk memberikan saran terkait berbagai aspek.

Termasuk mendukung staf sekolah, membantu siswa yang memiliki ADHD, dan mengembangkan kebijakan sekolah.

Teknologi ini beroperasi mirip dengan ChatGPT, sebuah layanan AI online di mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari algoritme chatbot.

Rogerson menjelaskan bahwa kepala sekolah AI ini telah di latih dengan baik dalam bidang pembelajaran mesin dan manajemen pendidikan. Dengan kemampuan untuk menganalisis data dalam jumlah besar.

“Terkadang, memiliki seseorang atau sesuatu yang dapat memberikan bantuan adalah pengalaman yang menenangkan. Sangatlah memuaskan untuk tahu bahwa ada sumber yang sangat terlatih yang siap membantu dalam pengambilan keputusan.” kata Rogerson.

Namun, ia juga menekankan bahwa hal ini tidak menggantikan kebutuhan untuk mendapatkan nasihat dari manusia. Dan kombinasi keduanya dapat menjadi solusi yang sangat efektif.

Ia juga mengakui bahwa menjadi kepala sekolah adalah pekerjaan yang bisa terasa sepi, dan kehadiran Robot AI ini dapat memberikan rasa nyaman dan dukungan dalam situasi tersebut.

Lihat juga : Whatsapp Hadirkan Fitur Call Relay untuk Keamanan Panggilan

Cottesmore School memungut biaya hingga hampir 32.000 poundsterling per tahun untuk para siswa. Sekolah ini telah mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk “Sekolah Persiapan Terbaik Tahun Ini” dari Tatler.

Cottesmore adalah sebuah sekolah asrama yang melayani siswa laki-laki dan perempuan berusia antara empat hingga 13 tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan