Rekomendasi Olahraga yang Menyehatkan Mental

JABAR EKSPRES – Saat ini banyak sekali kasus gangguan kesehatan mental yang tidak tertangani dengan baik hingga berakibat fatal, bahkan sampai bunuh diri. Karenanya banyak cara dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan olahraga. Berikut rekomendasi beberapa olahraga yang ternyata efektif untuk menyehatkan mental.

Olahraga menajdi salah satu metode untuk menyehatkan mental yang terganggu atau sebagai salah satu terapi.

Kondisi gangguan kesehatan mental yang dialami setiap orang berbeda, ada yang nampak dan ada yang sama sekali tidak kentara tanda-tandanya.

Biasanya orang yang sudah merasa tertekan, frustasi dan hampir depresi akan mencari tempat untuk menyendiri, hal ini sebaiknya dimanfaatkan untuk olahraga dengan menikmati pemandangan alam.

Baca juga : Makan Sebelum Olahraga, Boleh atau Tidak? Ini Penjelasannya!

Karenanya olahraga yang oautdoor akan lebih direkomendasikan untuk lebih menyehatkan mental.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat menyehatkan mental. Berikut beberapa di antaranya:

1. Yoga

Yoga menggabungkan gerakan fisik dengan meditasi dan pernapasan yang dalam. Ini membantu merilekskan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan mental.

2. Lari

Lari menghasilkan endorfin, hormon yang meningkatkan mood dan mengurangi stres. Aktivitas ini juga memberikan waktu untuk merenung dan mengatasi masalah.

3. Bersepeda

Bersepeda di alam terbuka dapat memberikan perasaan kebebasan dan meningkatkan mood. Ini juga adalah olahraga aerobik yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Renang

Renang adalah latihan yang menenangkan yang membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Air dapat memberikan perasaan ketenangan.

5. Mendaki gunung atau Menjelajah Hutan

Aktivitas ini melibatkan berjalan-jalan di hutan sambil meresapi alam. Ini dapat merangsang perasaan kedamaian dan mengurangi kecemasan.

6. Meditasi

Meskipun bukan olahraga dalam arti konvensional, meditasi adalah latihan mental yang kuat. Ini membantu mengatasi stres, meningkatkan konsentrasi, dan menghubungkan dengan diri sendiri.

Baca juga : Penting Dilakukan Setelah Berolahraga, Ketahui Manfaat Pendinginan!

7. Aikido dan Tai Chi

Seni bela diri ini melibatkan gerakan lambat dan meditasi dalam gerakan. Mereka membantu merilekskan pikiran dan tubuh, serta meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan