Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung Masih Dalam Tahap Kajian, Gratis Sampai Pertengahan Bulan Oktober?

JABAR EKSPRES – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh akan ditetapkan pada pertengahan Oktober mendatang.

Menurutnya, penetapan pemasangan tarif Jakarta-Bandung masih dalam proses tahap kajian. Untuk saat ini masyarakat masih dapat menikmati kereta cepat secara gratis.

“Saya sampaikan, (kereta cepat) masih gratis sampai pertengahan bulan. Setelah itu nanti diputuskan bayarnya berapa, baru berlaku operasional dengan bayar tiket,” ujar Jokowi di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Senin (2/10/2023).

Ia mengatakan, tarif kereta cepat diperkirakan berkisar Rp250 ribu sampai Rp350 ribu. Kendati demikian, hingga saat ini pemerintah dan PT KCIC masih menggodok berapa harga tiket pasti untuk perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

“Untuk tarif nanti segera kita putuskan, tapi kurang lebih antara Rp250 ribu sampai Rp350 ribu, kurang lebih. Nanti teknis seperti itu ditanyakan ke KCIC,” kata Jokowi.

Kisaran harga tiket itu berdasar pada hasil kalkulasi biaya infrastruktur, operasional, dan pelayanan moda transportasi lainnya. Meski demikian, Jokowi enggan membicarakan untung rugi mengenai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

“(Soal subsidi) teknis tanyakan ke Menteri Keuangan saja,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Selanjutnya Jokowi melakukan perjalanan menggunakan Whoosh. Rombongan menteri yang ikut mendampingi perjalanan Jokowi yakni Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Meseskab Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menkominfo Budi Arie, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah pejabat lain yang turut dalam rombongan.

Jokowi bersama jajaran menteri melaksanakan perjalanan dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang. Ia datang bersama rombongan menteri tepat pukul 9.44 WIB.

Setibanya di stasiun Padalarang, Jokowi bersama para Menteri disambut oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Pangdam III Siliwangi, Mayjen Erwin Djatniko, Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latief, dan sejumlah pejabat lain.

Kedatangan Jokowi disambut dengan pertunjukan kesenian tradisional yang diperagakan oleh sejumlah anak-anak kecil dengan lantunan musik khas dan penampilan yang atraktif. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan