Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menjaga Kesehatan Mata

JABAR EKSPRES- Manfaat buah Alpukat, Alpukat yang memiliki nama latin Persea Americana, adalah buah yang sangat dikenal dan memiliki penggemarnya di kalangan masyarakat. Buah berbentuk bulat lonjong dengan warna kehijauan ini sering dijadikan jus penyegar saat cuaca sedang panas. Selain itu, di Indonesia, buah alpukat juga sering digunakan sebagai bahan kecantikan oleh kaum hawa.

Alpukat merupakan salah satu buah lokal yang banyak ditemukan dan dikembangkan di Indonesia. Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, buah alpukat juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA: Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Meningkatkan Zat Besi

Manfaat kesehatan buah alpukat tidak bisa dianggap remeh. Berbagai manfaat ini berasal dari nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat, yang tidak hanya lengkap secara gizi, tetapi juga enak saat dikonsumsi atau diolah menjadi minuman segar.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dikenal sebagai lemak baik, serat, karbohidrat, dan protein yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan:

  1. Menjaga Sistem Pencernaan: Mengonsumsi buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena mengandung banyak serat. Selain itu, konsumsi buah alpukat juga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus.
  2. Menjaga Kesehatan Jantung: Buah alpukat dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  3. Menjaga Kesehatan Mata: Konsumsi rutin buah alpukat baik untuk kesehatan mata karena mengandung antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah penyakit degenerasi makula.
  4. Menurunkan Risiko Depresi: Mengonsumsi buah alpukat dikaitkan dengan penurunan risiko depresi karena kandungan folatnya yang mendukung distribusi nutrisi ke otak dan memperbaiki mood.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang: Alpukat mengandung vitamin K yang tinggi, bermanfaat untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium, mencegah osteoporosis.
  6. Baik untuk Ibu Hamil: Buah alpukat cocok sebagai camilan untuk ibu hamil karena mengandung folat yang mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan janin, serta mengurangi risiko keguguran dan cacat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan