Manfaat Biji Chia Bagi Tubuh, Namun Hindari Konsumsi Secara Berlebih!

JABAR EKSPRES – Konsumsi biji chia memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam pola makan yang seimbang.

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi biji chia secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah pencernaan seperti perut kembung hingga diare.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat utama dari konsumsi salah satu jenis biji-bijian ini:

Manfaat Konsumsi Biji Chia

  • Sumber Omega-3

Chia seed adalah salah satu sumber tumbuhan terkaya asam lemak omega-3, terutama asam alpha-linolenic (ALA). Omega-3 penting untuk kesehatan jantung, fungsi otak, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

  • Serat Tinggi

Chia seed mengandung serat larut dan tidak larut. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan mengendalikan kadar gula darah. Ini juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, yang dapat mendukung pengendalian berat badan.

BACA JUGA: 10 Manfaat Baik Konsumsi Sayur Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Protein

Diketahui bahwa biji chia sendiri bukan meupakan sumber protein utama. Namun, kandungan protein yang ada cukup baik untuk dikonsumsi. Protein adalah nutrisi penting yang bermanfaat dalam pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, dan menjaga otot yang sehat.

  • Antioksidan

Chia seed mengandung antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dan kerusakan sel. Ini dapat membantu dalam perlindungan terhadap penyakit kronis dan penuaan dini.

  • Mineral dan Vitamin

Chia seed mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium. Mereka juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, riboflavin, dan niacin.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi chia seed secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan faktor risiko penyakit jantung, termasuk penurunan tekanan darah, peningkatan kadar HDL (kolesterol baik), dan pengendalian kadar gula darah.

BACA JUGA: Miliki Manfaat Bagi Kesehatan, Ketahui Kandungan Pada Paprika!

  • Membantu menurunkan Berat Badan

Biji chia memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat menyerap air dengan baik, biji ini bermanfaat dalam membantu menghasilkan perasaan kenyang yang lebih lama, sehingga membantu kamu mengontrol asupan kalori dan mendukung upaya penurunan berat badan.

  • Menyokong Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam chia seed dapat mendukung kesehatan tulang dan gigi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan