MotoGP India 2023 Terancam Batal, ini Penyebabnya

JABAR EKSPRES – Seri MotoGP India 2023 yang sebelumnya sudah di jadwalkan dan akan berlangsung di Buddh International Circuit terancam batal.

Melansir dari Times of India, ada beberapa permasalahan yang muncul terkait terancamnya potensi pembatalan MotoGP India 2023.

Lihat juga : OIKN Akan Uji Coba Taksi Terbang di IKN Tahun Depan

Beberapa bulan sebelumnya, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, memang telah memberikan lampu hijau untuk mengikutsertakan India dalam kalender MotoGP 2023.

Namun, kondisi sirkuit memerlukan sejumlah perbaikan signifikan sebelum balapan MotoGP dapat berlangsung.

Salah satu perbaikan yang di butuhkan adalah perluasan area run off dan perbaikan permukaan aspal. Yang harus di selesaikan sebelum balapan yang di jadwalkan pada bulan September 2023.

Dengan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan semua perbaikan tersebut, kekhawatiran pun muncul.

Selain itu, masalah utamanya terletak pada aspek keuangan, di mana biaya perbaikan Sirkuit Buddh mencapai 4,5 juta Euro atau sekitar Rp 74 miliar (menggunakan kurs 1 Euro = Rp 16.380 per 17 Maret 2023).

Setelah mengalokasikan dana untuk komitmen dan operasional lainnya. Sumber daya yang tersedia tidak mencukupi untuk membiayai perbaikan sirkuit dengan anggaran sebesar itu.

“Masalah terbesar saat ini adalah waktu. Ada beberapa bagian di sirkuit yang perlu di perlebar karena awalnya di rancang untuk balap mobil. Oleh karena itu, perubahan harus di lakukan demi keselamatan pembalap,” ungkap Pushkar Nath Srivastava, COO Fairstreet Sports sekaligus promotor MotoGP India.

“Selain itu, ada pekerjaan tambahan pada sistem elektrikal sirkuit dan pemugaran beberapa area lainnya,” tambahnya.

Perlu di ingat bahwa India merupakan salah satu dari dua seri baru dalam kalender MotoGP 2023.

Lihat juga : Jadwal Sekolah Jam 5 Pagi di NTT Akan Diberhentikan Mulai Hari ini

Selain India, ada juga MotoGP Kazakhstan yang akan di gelar di Sokol International Racetrack pada bulan Juli 2023 mendatang.

Seri pertama dalam kalender MotoGP 2023 di jadwalkan akan berlangsung pekan depan dengan MotoGP Portugal 2023 pada tanggal 26 Maret 2023, sehingga tidak boleh di lewatkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan