Tips Mengajarkan Anak Hafalan Alquran Sejak Dini di Rumah

JABAR EKSPRES – Memiliki anak yang menjadi penghafal Quran merupakan impian setiap mukmin. Karenanya perlu tips khusus untuk mengajarkan anak hafalan Alquran agar menjadi kebiasan sejak kecil.

Dengan membiasakan anak selalu berinteraksi dengan Alquran, maka akan mempermudah langkahnya untuk menjadi penghafal Quran. Untuk memiliki kebiasaan tersebut butuh konsistensi agar anak tertarik hafalan alquran tanpa ada paksaan.

Mengajarkan anak hafalan Quran sejak dini adalah amalan yang sangat mulia dalam Islam. Karena seorang anak yang menjadi Hafidz atau Hafidzah akan memberikan kemuliaan pula untuk orang tuanya.

Baca juga : Pembakaran Alquran di Denmark Terjadi Lagi, Negara Muslim Murka!

Berikut beberapa metode atau tips untuk mengajarkan anak tettarik hafalan Alquran sejak dini di rumah:

1. Memulai dengan Niat yang Ikhlas

Pertama-tama, pastikan bahwa Anda dan anak Anda memiliki niat yang ikhlas (niat yang tulus) untuk menghafal Quran demi mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Pilih Guru yang Terlatih

Jika Anda atau pasangan Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang Quran dan tajwid (cara membaca Quran dengan benar), Anda bisa mengajar anak Anda sendiri. Namun, jika tidak, carilah seorang guru yang terlatih dan berpengalaman dalam mengajar hafalan Quran.

3. Rutinitas Harian

Tentukan jadwal harian yang konsisten untuk sesi hafalan Quran anak Anda. Konsistensi adalah kunci dalam hafalan Quran. Jadwalkan waktu yang cocok, seperti setelah salat Subuh atau setelah anak pulang sekolah.

4. Memulai dengan Surat Pendek

Biasanya, anak-anak dimulai dengan menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat yang singkat. Surat seperti Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, dan Ayat Kursi adalah surat yang baik untuk memulai.

5. Belajar dengan Tadjwid

Pastikan anak Anda memahami cara membaca Quran dengan benar (tajwid). Bekerjasamalah dengan guru untuk memastikan anak Anda membaca dengan tajwid yang benar.

6. Berikan Motivasi dan Hadiah.

Berikan anak Anda motivasi dengan memberikan pujian dan hadiah kecil setiap kali mereka mencapai target hafalan tertentu.

7. Metode Pengulangan (Revisi)

Jadwalkan waktu untuk mengulang hafalan-hafalan sebelumnya. Ini akan membantu anak Anda mempertahankan hafalan mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan