Inilah Cara Hilangkan Jerawat dengan Madu dan 6 Bahan Alami Lain, Wajah Mulus Tak Berbekas

JABAR EKSPRES – Jerawat memang selalu menjadi permasalaha kulit yang tidak akan pernah ada habisnya. Jerawat bisa muncul kapan saja bukan hanya di usia remaja saat masa puber dimana hormon belum stabil. Namun ada bahan alami yang ternyata bisa efektif hilangkan jerawat, yakni madu.

Madu sudah diakui banyak khasiatnya untuk kesehatan manusia, salah satunya kesehatan kulit wajah. Selain sebagai bahan untuk perawatan kulit, madu juga cukup efektif sembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, madu bisa dicampur dengan beberapa bahan alami yang memiliki kandungan untuk mempercepat proses peremajaan kulit, sehingga mempermudah menghilangkan jerawat.

Dilansir dari lama hellosehat.com, madu juga diakui oleh para ahli dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri di kulit yang menyebabkan infeksi seperti jerawat dan melawan bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) penyebab jerawat.

Baca juga : Kenali Macam-Macam Madu Sesuai Kegunaan dan Manfaatntya

Hal tersebut mungkin dikarenakan oleh sifat antibakteri dan antiseptik hidrogen peroksida di dalam madu. Madu juga dikenal memiliki efek anti peradangan yang membantu mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat.

Bahkan, cairan yang dihasilkan dari nektar bunga ini juga memiliki khasiat lainnya yang juga membantu memulihkan kulit dari jerawat, seperti:

– mempercepat pertumbuhan lapisan kulit yang rusak,
– meningkatkan kadar kolagen untuk perbaikan kulit, dan
– menghilangkan bekas luka.

Segudang kemampuan tersebut yang membuat madu digunakan untuk merawat muka berjerawat.

Berikut 6 campuran madu yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya :

Opsi tercepat dan termudah adalah mengoleskan madu murni pada jerawat dengan bantuan kapas. Biarkan selama beberapa jam atau semalam sebelum membilasnya dengan air hangat. Madu akan membantu meredakan peradangan dan memberikan kelembapan pada kulit.

Agar lebih cepat prosesnya, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan berikut ini :

1. Madu dan Kayu Manis

Campurkan 1 sendok teh madu dengan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis.
Oleskan campuran ini pada jerawat dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan