Cara Menjawab Adzan dan Anjuran Menghentikan Aktifitas saat Adzab Berkumandang

JABAR EKSPRES – Saat medengarkan suara Adzan berkumandang, banyak yang langsung menghentikan segala aktifitas dan memilih untuk berdiam diri sejenak untuk mendengarkan dan menjawab adzan tersebut. Ternyata hal ini berasal dari sunnah Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW memberikan petunjuk untuk menghentikan semua aktivitas saat adzan berkumandang, hal ini juga sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan diri untuk salat, yang merupakan salah satu ibadah utama dalam Islam.

Salah satu kisah yang terkenal terkait hal tersebut adalah ketika Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya sedang dalam perjalanan, dan adzan berkumandang. Nabi segera menghentikan kuda-kudanya dan para sahabatnya juga menghentikan aktivitas mereka untuk menjawab panggilan Allah dengan mengucapkan adzan.

Baca juga : Adab Ketika Mendengarkan Suara Adzan Berkumandang

Menghentikan aktivitas saat adzan berkumandang adalah tindakan hormat kepada Allah SWT dan mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW. Ini juga membantu fokus pada ibadah dan mengingat Allah. Hal ini juga mencerminkan nilai-nilai kesederhanaan, dan pengabdian dalam Islam.

Anjuran tersebut juga pernah diriwayatkan dalam beberapa hadist diantaranya Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Ketika kalian mendengar panggilan (adzan) maka ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzin.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Selain itu juga ada riwayat dari Abdullah bin Zaid RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian mendengar panggilan (adzan), maka katakanlah seperti yang diucapkan muadzin.” (HR. Ahmad)

Dan yang terakhir diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila kamu mendengar panggilan (adzan) maka ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzin.” (HR. Ibn Majah)

Dari tiga hadits tersebut diketahui, bahwa saat kita mendengarkan juga sebaiknya menjawab adzan tersebut.

Menjawab adzan adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Ketika Anda mendengar adzan, ada beberapa bacaan yang bisa Anda ucapkan sebagai jawaban. Berikut adalah bacaan-bacaan tersebut:

Cara Menjawab Adzan

Ketika muadzin mengucapkan “Allahu Akbar, Allahu Akbar” (الله أكبر، الله أكبر), Anda bisa menjawab dengan mengucapkan “Allahu Akbar, Allahu Akbar” (الله أكبر، الله أكبر) setelahnya.

Ketika muadzin mengucapkan “Ashhadu an la ilaha illallah” (أشهد أن لا إله إلا الله), Anda bisa menjawab dengan mengucapkan “Ashhadu an la ilaha illallah” (أشهد أن لا إله إلا الله) setelahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan