Macam-macam Ritual Rebo Wekasan dan Pandangan Ulama Salaf  Tentang Mitos ini

JABAR EKSPRES – Istilah Rebo Wekasan mendadak viral di media sosial sejak sehari lalu. Rebo wekasan merupakan hari Rabu terakhir di bulan Shafar. Di hari Rebo Wekasan ini katanya berdasarkan pernyataan Ulama Ahli Kasyf, Allah menurunkan 360.000 musibah/balak, juga banyak kesialan. Ini dimulai sejak shubuh hari Rabu 24 Shafar.

Karena takut dengan bencana, musibah dan kesialan tersebut, sehingga banyak orang melakukan berbagai amalan yang dikerjakaan saat Rebo Wekasan. Amalan tersebut seperti melakukan do’a bersama dan sedekah.

Juga ada yang melakukan shalat khusus yakni awwabbin untuk tolak bala dengan shalat 4 rakaat, pada setiap rakaat membaca Al-Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar 17x, surat Al-Ikhlash 5x, surat Al-Falaq 1x, surat An-Naas 1x.

Baca juga : Inilah Tanggapan Ust. Abdul Somad Mengenai Rebo Wekasan

Keragaman budaya dan adat di Indonesia membuat rabu wekasan menjadi bermacam-macam bentuk ritualnya. Bahkan mitos ini menjadi dikaitkan dengan budaya Jawa, khususnya dalam aspek spiritual dan kepercayaan.

Macam-Macam Ritual Rebo Wekasan

Ziarah ke Makam Leluhur: Salah satu ritual utama dalam Rebo Wekasan adalah ziarah ke makam leluhur. Orang-orang mengunjungi makam-makam nenek moyang mereka untuk berdoa, memberi penghormatan, dan memohon berkah.

Upacara Sesajen: Upacara ini melibatkan penyajian makanan, bunga, dan sesaji lainnya kepada roh leluhur. Tujuannya adalah untuk memuliakan mereka dan meminta perlindungan serta keberkahan.

Meditasi dan Doa: Beberapa orang memilih untuk melakukan meditasi dan berdoa di tempat-tempat suci atau pohon keramat pada hari Rebo Kliwon. Mereka berharap untuk mendapatkan pencerahan spiritual dan pertolongan dari alam gaib.

Lokasi-Lokasi Penting Rebo Wekasan

Beberapa tempat di Pulau Jawa memiliki signifikansi khusus dalam tradisi Rebo Wekasan:

Gunung Merapi: Gunung berapi ini dianggap suci dalam budaya Jawa. Banyak orang melakukan ritual Rebo Wekasan di kaki Gunung Merapi dengan harapan mendapatkan berkah dan perlindungan dari bencana alam.

Baca juga : Begini Tata Cara Sholat Hajat Rebo Wekasan 4 Rakaat Lengkap Beserta Amalannya

Makam-Makam Leluhur: Setiap desa di Jawa memiliki makam leluhur yang dihormati. Ziarah ke makam-makam ini adalah bagian penting dari Rebo Wekasan.

Tinggalkan Balasan