Kalimat Dzikir Mudah yang Berpahala Besar

JABAR EKSPRES – Dzikir merupakan salah satu amalan yang sangat disukai Allah. Karena dengan berdzikir maka seseorang sedang menunjukkan penghambannya dan pengakuannya pada kekuatan maha besar yang dimiliki Allah. Ada salah satu dzikir yang sangat mudah diucapkan namun memiliki banyak pahala.

Dzikir ini dibilang mudah karena kalimatnya tidak panjang sehingga gampang dihafalkan, selain itu semua kata didalamnya bermakna menunjukkan keagungan Allah yang membuatnya jadi berpahala besar.

Bacaan klimat dzikir yang dimaksud mudah namun memiliki pahala besar adalah “Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wa Allahu Akbar.”

Baca juga : Urutan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu yang Benar

Dzikir ini mengandung makna yang dalam dan mencakup empat kalimat singkat yang memuji dan mengagungkan Allah SWT. Berikut adalah arti dan dalil terkait dzikir ini:

Subhanallah

Artinya “Maha Suci Allah” atau “Allah Mahasuci.” Dengan mengucapkan ini, Anda mengakui kesempurnaan dan keagungan Allah SWT.

Walhamdulillah

Artinya “Segala puji bagi Allah.” Anda mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas semua nikmat-Nya.

Baca juga :Agar Segera Diijabah, Baca Dzikir ini Sebelum Memanjatkan Doa

La ilaha illallah

Artinya “Tiada Tuhan selain Allah.” Dengan mengucapkan ini, Anda mengakui bahwa hanya Allah yang layak untuk disembah dan bahwa tidak ada ilah (Tuhan) selain-Nya.

Allahu Akbar

Artinya “Allah Maha Besar.” Anda mengakui kebesaran dan kekuasaan Allah SWT yang tak terbandingkan.

Dalil yang menunjukkan pahala besar dalam berdzikir adalah banyak. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang mengucapkan ‘Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wa Allahu Akbar’ (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar) maka pohon-pohonan di surga akan mengucapkan ‘Ya Allah, ampunilah dia, sebab dia telah berdzikir di bawah naunganku.’” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadis ini, kita dapat memahami betapa besar pahala yang terkandung dalam dzikir ini. Ini adalah cara yang mudah dan sederhana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih banyak pahala.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan