Tips Memilih Pasangan Hidup dalam Perspektif Islam Sesuai Dengan Referensi Alquran

JABAR EKSPRES – Memilih pasangan hidup merupakan keputusan penting yang memerlukan pertimbangan serius. Agama Islam menekankan pentingnya memilih pasangan yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai agama.

Ada beberapa tips dalam memilih pasangan hidup yang sesuai dengan tuntunan syariat. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai salah memilih dan menyesal dikemudian hari.

Tips yang dimaksud adalah menentukan beberapa kualitas yang diutamakan, dalam memilih pasangan hidup seorang wanita menurut perspektif Islam.

Tentu saja dengan referensi dari kitab-kitab dan pernyataan para ahli agama yang tahu persis kualitas seperti apa yang seharusnya dimiliki oleh seorang wanita.

Hal ini bukan dimaksudkan menjadi terlalu memilih dalam menentukan kriteria seorang calon pasangan hidup, namun demi memiliki keturunan yang berkualias dan memiliki hidup yang berkualitas secara agama, sehingga akan selamat baik dunia maupun akhirat.

Berikut tips memilh pasangan hidup berdasarkan kualitasnya :

1. Keimanan dan Ketaqwaan

Dalam Al-Qur’an, Allah menekankan pentingnya keimanan dan ketaqwaan sebagai kualitas yang utama dalam seorang wanita. Wanita yang memiliki keyakinan kuat dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dianggap sebagai pasangan yang baik dalam Islam.

Mereka yang menjaga kewajiban agama dan memiliki hubungan yang dekat dengan Allah diyakini dapat membawa kedamaian dan berkah dalam kehidupan pernikahan.

Berdasarkan referensi Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah (2:187), Surah An-Nisa (4:34) dan Al-Ghazali, serta kitab Ihya Ulum al-Din

2. Akhlak yang Mulia

Islam sangat mementingkan akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari-hari. Wanita yang memiliki akhlak yang baik, seperti rendah hati, sabar, jujur, dan pengertian, dianggap sebagai pasangan yang baik dalam Islam.

Kejujuran dan kemampuan untuk saling mendukung dan memahami merupakan faktor penting dalam menjaga keharmonisan dalam pernikahan.

Berdasarkan referensi dari Al-Qur’an Surah Al-Hujurat (49:13)dan kitab dari Imam Nawawi, Riyadh as-Salihin

3. Pengetahuan dan Keterampilan

Islam mendorong wanita untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Seorang wanita yang memiliki pengetahuan agama yang baik dan memiliki keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari dianggap sebagai pasangan yang berharga dalam Islam.

Tinggalkan Balasan