Buntut Penolakan Pedagang, Dishub Hentikan Uji Coba Rekayasa Lalin di Jalan Lurah Cimahi

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan resmi menghentikan uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Lurah, Kecamatan Cimahi Tengah pada Kamis (14/9). Penghentian uji coba itu buntut dari penolakan pedagang di pinggir Jalan Lurah yang khawatir usahanya terganggu.

“Saya sudah sampaikan ke pimpinan, uji coba hanya dilaksanakan satu hari saja pada Rabu (14/9). Nanti hasil dari uji coba ini akan kita evaluasi,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Mohamad Nur Efendi.

Sebelumnya uji coba rekayasa pembalikan arah lalu lintas di Jalan Lurah rencananya dilaksanakan pada 13 hingga 16 September 2023. Namun, para pedagang yang tergabung dalam Organisasi UMKM menolak dan mendatangi DPRD Cimahi. Akhirnya, Dinas Perhubungan luluh, usai didesak para pedagang dan Komisi ll DPRD agar menghentikan uji coba rekayasa tersebut.

“Lalu lintas sudah normal lagi, alhamdulillah tidak dilanjutkan uji cobanya. Karena kalau terus dilanjutkan, usaha kami nasibnya gak tau bakal gimana. Sehari aja kemarin (Rabu 13 September 2023,Red) omset menurun sangat drastis, karena tidak ada pembeli, jalan kosong jarang pengendara yang lewat,” kata Ketua Organisasi UMKM Jalan Lurah, Kevin Pratama.

Kevin yang membuka usaha kuliner makanan di Jalan Lurah tidak bisa berkutik ketika arus lalu lintas dibalik dari arah Gandawijaya menuju Gatot Subroto. Usahanya terancam gulung tikar karena otomatis jalur itu akan sepi dari pengendara.

“Mudah-mudahan kedepan, Pemerintah Kota Cimahi dalam membuat kebijakan bisa mempertimbangkan dari berbagai aspek, harus komprehensif. Jangan terulang seperti ini contohnya, ingin mengurai kemacetan tapi mematikan usaha kami,” kata Kevin.

Kini, arus lalu lintas di Jalan Lurah kembali seperti semula. Pengendara dari arah Bandung menuju Padalarang bisa melewati jalan Lurah lagi dari arah Jalan Gatot Subroto.

Sebelumnya dalam proses uji coba, pengendara dilarang belok kanan menuju Jalan Lurah dari Jalan Gatot Subroto. Alhasil, kondisi itu pun membuat macet jalan Gatot Subroto lantaran kendaraan yang tadinya terurai ke Jalan Lurah, jadi satu arus melalui Jalan Gatot Subroto. (MG6).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan