Amalan Rebo Wekasan yang Baik Dilakukan Menurut Ajaran Islam

JABAR EKSPRES – Hari ini, Rabu (13/9), merupakan Hari Rebo Wekasan, juga di kenal sebagai Rebo Pungkasan atau Rabu Kasan.

Di hari ini, ada sejumlah amalan yang dapat di lakukan oleh umat Islam.

Rebo Wekasan adalah hari Rabu terakhir dalam bulan Safar, sebelum memasuki bulan Maulid atau Rabiul Awal dalam kalender Islam.

Lihat juga : Kedahsyatan Doa Sapu Jagad dan Kebaikan Didalamnya

Dalam budaya masyarakat Jawa, Rebo Wekasan merupakan tradisi yang di lakukan setiap hari Rabu terakhir dalam bulan Safar.

Akar dari tradisi Rebo Wekasan ini berasal dari kepercayaan masyarakat yang menganggap bahwa bulan Safar membawa kesialan.

Namun, dalam Islam, tidak ada bulan atau hari yang membawa kesialan atau keberuntungan, seperti yang di tegaskan oleh Rasulullah dalam hadis riwayat Imam Bukhari.

Meskipun demikian, terdapat amalan-amalan yang dapat di lakukan pada Rebo Wekasan dengan niatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bukan untuk menghindari kesialan bulan Safar.

Berikut adalah tiga amalan Rebo Wekasan yang dapat di lakukan :

1. Berdoa kepada Allah SWT

Umat Islam di anjurkan untuk banyak berdoa di bulan Safar. Terdapat hadis yang menyatakan bahwa doa yang di baca di bulan Safar akan di kabulkan.

Salah satu doa yang dapat di baca adalah :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اللهم بِسِرّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang. Semoga Allah memberikan salawat kepada Sayyidina Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya.

Ya Allah, wahai Yang Maha Kuat dan Maha Mungkin, wahai Yang Maha Perkasa, semua makhluk tunduk kepada kemuliaan-Mu. Cukupkanlah aku dari semua makhluk-Mu. Wahai Yang Maha Baik, Yang Maha Indah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Pemberi, Yang Maha Mulia, wahai Yang tiada Tuhan selain Engkau, berilah rahmat kepada ku dengan rahmat-Mu. Wahai Yang Maha Pemurah di antara yang pemurah.

Ya Allah, dengan rahasia Hasan, saudara kandungnya, kakeknya, ayahnya, ibunya, dan anak-anaknya, cukupkan aku dari kejahatan hari ini dan apa yang turun pada hari ini. Wahai Yang Maha Cukup untuk mengatasi semua urusan, wahai Yang Maha Menjauhkan bencana. Allah akan cukupkan kamu dari mereka, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan