Kronologi Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan, Tak Luput dari Peran Surya Paloh?

JABAR EKSPRES – Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengungkap bagaimana proses dirinya bisa menjadi bakal calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan.

Seperti diketahui bahwa Cak Imin sudah dideklarasikan sebagai bakal Cawapres Anies Baswedan. Kabar itu pun mengejutkan publik dan memicu kontroversi di tengah masyarakat mejelang pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

BACA JUGA: Janji Politik Cak Imin Jelang Pilpres 2024, Bakal Naikkan Dana Desa hingga Rp5 Miliar

Terkait kronologi dirinya menjadi bakal Cawapres Anies Baswedan tersebut disampaikan oleh Cak imin pada saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al Aqobah, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Minggu, 10 September 2023.

Lebih lanjut, Cak Imin menyebutkan bahwa awalnya Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengajak dirinya bertemu untuk makan malam hingga terjadilah diskusi panjang.

BACA JUGA: Cak Imin Harap-harap Cemas, Minta Demokrat dan PKS Kembali Gabung Koalisi Pemenangan Anies-Muhaimin

“Saya mengira pertemuan ini penjajakan, namanya seperti penjodohan. Ada proses yang namanya saling bertanya dan saling melihat peluang dan kemungkinan,” katanya, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Senin, 11 September 2023.

“Saya ditanya, PKB targetnya apa, targetnya calon presiden. NasDem apa targetnya, targetnya sama calon presiden,” lanjutnya.

Kemudian, mantan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) tersebut mengatakan bahwa Surya Paloh juga mantap untuk mengajaknya bergabung.

“Kalau mau sekarang juga salaman, kalau nggak mau, kita tidak usah ketemu sampai nanti akhir Pemilu,” kata Cak Imin menirukan kembali pernyataan Surya Paloh.

“Akhirnya setelah seluruh komunikasi dilakukan, alhamdulillah para kiai bersepakat. Jika tidak ada calon lain, apa pun yang terjadi harus nyalon tahun 2024,” lanjutnya.

Setelah semuanya rampung, kata Muhaimin, Partai NasDem dan PKB akhirnya berkoalisi dan mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai bakal Capres dan Cawapres di Surabaya pada 2 September 2023 lalu.

Semenatra itu berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal Capres dan Cawapres dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Hingga saat ini, Cak Imin dan Anies Baswedan pun terlihat tengah Bersiap untuk menghadapi Pilpres 2024 mendatang. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan