Sholat Istisqa: Doa untuk Memohon Hujan dan Berkah dari Allah

JABAR EKSPRES- Sholat Istisqa adalah bentuk ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan tujuan memohon hujan dari Allah SWT. Istisqa berasal dari kata “saaqa” yang berarti meminta. Sholat ini dilakukan ketika suatu wilayah mengalami kekeringan atau musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga mempengaruhi pertanian dan kehidupan sehari-hari penduduk.

Ketika alam menghadapi cobaan kekeringan, Sholat Istisqa menjadi sarana bagi umat Muslim untuk memohon pertolongan dan berkah dari Allah SWT. Dalam Islam, hujan dianggap sebagai salah satu tanda kasih sayang Allah dan merupakan sumber kehidupan bagi makhluk-Nya.

BACA JUGA : Bacaan Doa untuk Dilimpahkan Rezeki dan Dianugerahi Kesehatan

Tata Cara Melaksanakan Sholat Istisqa

1. Niat dan Persiapan
Sebagaimana ibadah lainnya, Sholat Istisqa dimulai dengan niat yang tulus untuk memohon hujan kepada Allah SWT. Selanjutnya, persiapkan diri dengan berwudhu (ablusi) secara menyeluruh.

2. Tempat dan Waktu
Sholat Istisqa dapat dilakukan di masjid atau tempat terbuka lainnya. Waktunya tidak ditentukan secara spesifik, namun lebih disarankan untuk melakukannya pada saat matahari terbit atau terbenam.

3. Rakaat Pertama
Seperti sholat biasa, rakaat pertama dimulai dengan takbiratul ihram (gerakan pertama sholat) dan membaca Surat Al-Fatihah diikuti dengan surat pendek lainnya.

4. Rukuk dan Sujud
Lakukan gerakan rukuk dan sujud seperti dalam sholat biasa, dengan khusyuk dan tawadhu.

5. Doa Istisqa
Setelah selesai rakaat pertama, imam akan memimpin jamaah untuk melakukan doa khusus yang memohon hujan dari Allah SWT. Jamaah dapat juga berdoa secara pribadi untuk kebutuhan mereka masing-masing.

6. Rakaat Kedua
Setelah doa istisqa, lakukan rakaat kedua dengan membaca Al-Fatihah dan surat pendek lainnya seperti dalam sholat biasa.

7. Tahiyat Akhir dan Salam
Setelah selesai rakaat kedua, lakukan tahiyat akhir dan salam seperti dalam sholat biasa.

Sholat Istisqa mengandung makna mendalam tentang ketergantungan manusia kepada Allah SWT. Dengan melakukan sholat ini, umat Muslim mengakui bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan penuh atas cuaca dan alam semesta.

Selain itu, sholat ini juga menjadi ajakan untuk memperbanyak doa dan amal sholeh agar dianugerahi hujan yang membawa berkah bagi seluruh makhluk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan