16 Ciri Orang yang Dapat Hidayah dari Allah, Semoga Kamu Salah Satunya

JABAR EKSPRES – Hidayah, bagi seorang muslim adalah suatu hal yang sangat diharapkan dari Allah. Tak heran banyak yang selalu berdoa agar mendapatkan hidayah setiap hari. Berikut ciri-ciri orang yang dapat hidayah dari Allah, siapa tahu kamu menjadi salah satunya.

Untuk mengetahui ciri-ciri orang yang dapat hidayah dari Allah, kita harus selalu rajin memintanya disetiap kesempatan.

Karena hidayah dari Allah bukanlah sesuatu yang bisa terlihat, melainkan bisa dirasakan, sehingga kita bisa melihat orang yang dapat hidayah dari Allah melalui beberapa ciri-ciri tertentu.

Sesungguhnya doa meminta hidayah sudah dibaca umat muslim setiap kali sholat, yakni terdapat dalam surat Al Fatihah yang masuk kedalam rukun wajib sholat, tepatnya di ayat ke 6 dan 7, sebagai berikut:

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Artinya: “Tunjukkanlah kami jalan yang lurus. (Yakni) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS. Al-Fatihah: 6-7)

Sesungguhnya, Allah juga seringkali memberikan hidayah kepada manusia, tinggal bagaimana manusia menyadari untuk menjemputnya.

Baca juga : Dapat Hidayah Setelah Pijit Kaki Ibu, Nania Idol Kembali Masuk Islam

Berikut ciri-ciri orang yang dapat hidayah dari Allah, dilansir dari muslim.or.id.

1. Dipahamkan perkara agama, dapat membedakan mana yang sesuai Al-Qur’an dan Hadits (Sunnah Rosululloh & sunnah Khulafaur Rasyidin).

2. Mulai mencari-cari (haus) kajian ilmu agama, senang menghadiri majlis ta’lim, senang mendengarkan ceramah agama, senang mempelajari Al Qur’an dan Hadits.

3. Membenahi ibadah sholatnya sesuai sifat sholat Nabi dan sunnah-sunnahnya, membenahi cara wudhu’nya dan bacaan dzikir usai sholatnya dan lainnya.

4. Mulai menanyakan atau mencari apa dalil dari suatu ibadah, tidak pernah lagi Taqlid Buta, tidak mau lagi ikut-ikutan saja.

5. Membenahi bacaan Al Qur’an-nya dan menambah hafalannya dengan niat bisa hafal al-Qur’an.

6. Mulai berpenampilan sebagai seorang Mukmin. Bagi pria berjenggot dan bercelana diatas mata kaki (tidak isbal). Bagi wanita memakai hijab Syar’i.

7. Selalu sholat fardhu di awal waktu. Bagi laki-laki selalu sholat fardhu berjamaah di Masjid kecuali ada udzur syar’i. Bagi Perempuan sholat fardhu di rumah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan