Ciri-ciri yang Tampak Pada Orang yang Mendapatkan Hidayah

Baca juga : Khutbah Jumat Tentang Cara Masuk Surga Meski Dengan Amalan Sedikit

5. Membenahi bacaan Al Qurannya

Ketika sudah mendapat hidayah, maka seseorang akan mulai ekcanduan dengan Al quran, mulai ingin menambah hafalannya dengan niat menjadi Hafiz/ Hafizah.

6. Mulai berpenampilan sebagai seorang Mukmin.

Seorang muslim yang mendapatkan hidayah akan terlihat dari penampilannya yang mulai mengikuti sunah, dainataranya Bagi pria mulai memanjangkan jenggot dan bercelana diatas mata kaki (tidak isbal). Sementara bagi wanita mulai memakai Hijab Syar’i yang menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan.

7. Selalu sholat fardhu di awal waktu.

Bagi laki-laki selalu sholat fardhu berjamaah di Masjid kecuali ada udzur syar’i. Bagi Perempuan sholat fardhu di rumah.

8. Semakin giat mengerjakan sholat sunnah, terutama sunnah rawatib, tahajud, witir, dhuha.

9. Menjauhi dan meninggalkan perkara agama yang bid’ah dan syubhat.

10. Mulai rajin bersedekah

Selalu ingin bersedekah walaupun sedikit dan meninggalkan Riba. selain itu mulai meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat misalnya berhenti merokok atau mulai meninggalkan Ghibah.

11. Seringkali terbangun sendiri di sepertiga akhir malam, Qiyamul Lail.

12. Mulai menjalankan sunnah Rasulullah

Dalam  kehidupan sehari-hari mulai mengikuti sunnah, menghafal doa masuk keluar rumah/ masjid/ kamar mandi, doa makan minum/ Doa mau tidur / bangun tidur / naik kendaraan dsb.

13. Selalu berbicara diatas kebenaran,

Hanya mau menyampaikan yang benar, menjauhi debat kusir dengan orang-orang Jahil, termasuk juga menghidnari bicara yang tidak mendatangkan manfaat.

Itulah ciri-ciri orang yang mendapatkan hidayah yang bisa nampak dari pandangan orang lain. Semoga Allah selalu memberikan hidayah untuk umatnya yang senantiasa berdoa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan