Curah Hujan Tinggi, 2 Warga Spanyol Tewas dan Aktivitas Warga Lumpuh

JABAR EKSPRES- Sedikitnya dua orang telah kehilangan nyawa mereka dan tiga orang dilaporkan hilang dalam situasi darurat banjir akibat curah hujan yang tinggi di wilayah tengah Spanyol. Banjir ini mengakibatkan jalan-jalan, jalur kereta bawah tanah, dan koneksi kereta berkecepatan tinggi tertutup, menurut pejabat pada hari Senin.

Pihak berwenang Spanyol telah mengirim beberapa helikopter untuk menyelamatkan orang-orang yang mencari perlindungan di atap rumah mereka di daerah Toledo, yang terletak sekitar 50 km barat daya Madrid, menurut layanan darurat.

Curah hujan yang tiba-tiba terjadi pada Minggu dan Senin dini hari di Spanyol telah mengubah jalanan menjadi sungai lumpur, yang menyapu mobil dan sampah di beberapa wilayah termasuk Madrid, Castile-La Mancha, Catalonia, dan Valencia.

Tak hanya itu, hujan es juga mengguyur beberapa daerah. Terdapat laporan bahwa dua orang tewas di pedesaan sekitar pusat kota Toledo. Layanan cuaca AEMET mencatat rekor curah hujan sebesar 90 liter per meter persegi pada hari Minggu di wilayah tersebut.

Baca juga: Israel Kembali Gencarkan Serangan ke Jenin, 5 Warga Palestina Mengalami Luka-Luka

Seorang misionaris Amerika Serikat yang tinggal di Toledo, Isabella Stewart, mengatakan, “Hujan terus turun dan kami sedikit takut, namun kami berada di dalam rumah sehingga kami aman.”

Warga Toledo lainnya, Ruben Gonzalez, menggambarkan situasinya dengan mengatakan, “Saya tinggal empat blok jauhnya dan arusnya sangat kuat. Semuanya kebanjiran. Ini gila.”

Di wilayah Madrid, layanan darurat menangani hampir 1.200 insiden dalam semalam. Petugas pemadam kebakaran dan polisi saat ini sedang mencari satu orang di daerah pedesaan Aldea del Fresno, yang terletak di barat daya Madrid. Pria tersebut hilang bersama anaknya ketika mobil mereka terseret ke Sungai Alberche akibat longsoran salju yang dipicu oleh banjir mendadak.

Baca juga: Aksi Islam fobia, Taruh Kepala Babi di Depan Mesjid Kota Graz Australia

Menurut layanan darurat Madrid, “Anak di bawah umur itu diselamatkan setelah dia memanjat pohon.”

Tim penyelamat juga tengah mencari seorang wanita yang hilang dalam keadaan serupa di dekat Toledo dan seorang pria berusia 84 tahun yang terseret aliran air dan lumpur di Villamanta, sebelah barat Madrid.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan