Inilah Rahasia Ridwan Kamil Majukan Jabar, Berhasil Jadi Provinsi dengan Capaian Realisasi Investasi Tertinggi di Indonesia

JABAR EKSPRES – Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil menduduki capaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia. Hal ini dinilai menjadi salah satu kemajuan Provinsi Jabar pada masa pemerintahan Gubernur Ridwan Kamil.

Dalam acara Kick Off West Java Festival 2023 5 Tahun Pembangunan Jabar Juara & Forum Pemred SPS di Aula Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Sabtu, 19 Agustus 2023 lalu, Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Jabar menjadi Provinsi dengan capaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia.

BACA JUGA: Bangga! Ridwan Kamil Benarkan Provinsi Jabar Rajai Investasi di Indonesia Selama 5 Tahun Berturut-turut

Adapun bukti bahwa Provinsi Jabar menduduki capaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia yang dijelaskan Gibernur Jabar Ridwan Kamil tersebut telah tercatat oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal.

“Capaian realisasi investasi Jawa Barat diraih selama lima tahun berturut-turut,” katanya, disampaikan dalam acara Kick Off West Java Festival 2023 5 Tahun Pembangunan Jabar Juara & Forum Pemred SPS di Aula Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Sabtu, 19 Agustus 2023.

BACA JUGA: Generasi Milenial Wajib Tahu! Inilah Prinsip Perubahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam 5 Tahun Masa Kepemimpinannya

Meskipun demikian, orang nomor satu di Jabar yang pada bulan September 2023 nanti akan segera memasuki masa prajabatannya mengatakan bahwa untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, pihaknya harus meyakinkan para investor agar mau berinvestasi.

Selain itu, ia juga memaparkan soal dana bagi hasil dari pemerintah pusat. Ia menilai bahwa dana tersebut tidak seimbang dengan jumlah penduduk Provinsi Jabar 50 juta orang.

“Jawa Barat itu penduduknya 50 juta diurus oleh 27 Wali Kota/Bupati, sedangkan dana bagi hasil dari pusat berbanding lurus dengan jumlah daerah. Maka, saya bilang dana bagi hasil itu diadilkan dengan rasio jumlah penduduk,” katanya.

Bahkan dana bagi hasil dari pusat Jabar, ia bandingkan dnegan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Tidak menyerah begitu saja, orang nomor satu di Jabar tersbeut mengupayakan negoisasi kepada pemerintah pusat terkait anggaran untuk Provinsi Jabar.

Yakni dengan meminta kompensasi, sehingga ada begitu banyak proyek strategis nasional (PSN) di Provinsi Jabar seperti termasuk infrastruktur dengan dibangunnya ruas jalan tol, Kereta Cepat Jakarta Bandung, kawasan Rebana, dan sebagainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan