Kunci Kemajuan Provinsi Jabar Diungkap Ridwan Kamil, Ternyata Hal Ini yang Bakal Dihadirkan di Kawasan Rebana

JABAR EKSPRES – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil membahas mengenai konsep indrustrialisasi di kawasan Rebana pada acara Kickoff West Java 2023 yang diselenggarakan di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 19 Agustus 2023 lalu.

Kawasan Rebana merupakan salah stau program kerja pada pemerintahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengusung konsep indrustrialisasi. Dalam kesempatan tersebut, dia berharap agar Gubernur Jabar selanjutnya dapat melanjutkan program tersebut.

BACA JUGA: Beberkan Konsep Kawasan Rebana, Ridwan Kamil: agar Jabar Jadi Provinsi Paling Maju

Sebagai informasi, kawasan Rebana atau Rebana Metropolitan yang dijelaskan konsepnya oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil adalah industri dan perkotaan baru di Jabar. Kawasan Rebana meliputi tujuh daerah di antaranya yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Sumedang.

Kepada awak media, Ridwan Kamil menegaskan bahwa kunci untuk memajukan Provinsi Jabar kuncinya hanya satu, yakni industrialisasi. Sehingga, hal tersbeut ia ingin wujudkan melalui dibangunnya kawasan Rebana.

BACA JUGA: Mengenal Kawasan Rebana yang Dirancang Ridwan Kamil, Benarkah Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi Jabar?

Adapun yang sudah menerapkan industrialisasi di Provinsi Jabar, lanjutnya, baru Bekasi dan Karawang. Namun, Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa hal tersebut belum dapat dikatakan ideal.

“Kuncinya hanya satu, yaitu industrialisasi. Kita bisa menjadi bangsa yang melompat melalui rute industrialisasi. Maka, Rebana itu agar Jabar menjadi provinsi paling maju untuk memiliki industrialisasi. Sekarang baru Karawang dan Bekasi,” kata Ridwan Kamil di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Pasalnya, kata orang nomor satu di Jabar yang bulan September 2023 nanti akan segera memasuki masa prajabatannya tersebut mengungkapkan bahwa di Bekasi dan karawang hanya Kumpulan pabrik.

“Di sana, hanya kumpulan pabrik. Semua untuk kerja-kerja. Sebenarnya hidup harus seimbang. Jadi, Rebana itu mengoreksi konsep pembangunan dengan lokomotif ekonomi,” kata Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga menjelaskan di kawasan Rebana Metropolitan nantinya akan dibangun area hunian berupa rumah susun yang dekat dengan tempat kerja, rekreasi, dan lainnya. Tujuannya yakni agar lebih efektif dan efisien.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan