Generasi Milenial Wajib Tahu! Inilah Prinsip Perubahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam 5 Tahun Masa Kepemimpinannya

JABAR EKSPRESRidwan Kamil sudah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar) selama lima tahun. Sebagai pemimpin, ia tentu memiliki prinsip terkait perubahan Provinsi Jawa Barat baik dari segi sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, hingga perekonomian.

Bagi Ridwan Kamil, memenuhi amanah sebagai Gubernur Jabar selama lima tahun tentu tidak mudah. Namun, ia mengaku bahwa hal tersebut dilandasi oleh dasar biat dan pesan sang ibunda terkait ibadah dan dapat menjadi manusia yang bermanfaat. Hal itu juga ia terapkan dalam masa kepemimpinannya selama lima tahun serta dalam prinsip perubahan Provinsi Jabar.

BACA JUGA: Kunci Kemajuan Provinsi Jabar Diungkap Ridwan Kamil, Ternyata Hal Ini yang Bakal Dihadirkan di Kawasan Rebana

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku bahwa dirinya ingin menjadi sosok pemimpin yang disukai. Selain itu, sebagai pemimpin ia menilai harus membawa perubahan-perubahan yang positif bagi kemaslahatan Provinsi Jabar.

“Saya selama lima tahun, walaupun dulu Wali Kota sama, sosok pribadinya ingin disukai sebagai pemimpin tetapi juga membawa perubahan-perubahan,” kata orang nomor satu di Jabar yang bulan September 2023 akan segera memasuki masa prajabatannya tersebut.

BACA JUGA: Beberkan Konsep Kawasan Rebana, Ridwan Kamil: agar Jabar Jadi Provinsi Paling Maju

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil diketahui memiliki prinsip termasuk terkait perubahan dalam memimpin Provinsi Jabar selama lima tahun. Menurut pengakuannya, prinsip tersebut penting dijalankan sebagai pemimpin.

Seperti diketahui bahwa sebelum menjabat sebagai Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga sempat menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Selama kepemimpinannya tersebut, ia juga mengaku menerapkan prinsip serupa.

Adapun prinsip perubahan sebagai pemimpin, kata Ridwan Kamil, harus memiliki tiga hal. Di anataranya yakni, harus terasa, harus terlihat, dan harus terekam.

“Perubahan tuh rumusnya ada tiga harus terasa; digratiskan ini, digratiskan itu, bansos in ikan begitu ya. harus terlihat; Al Jabbar terlihat, 28 Alun-alun terlihat, Cisumdawu terlihat. Nah yang ketiga hatrus terekam,” katanya pada acara Kickoff West Java 2023 di Aula Masjid Al Jabbar, Kota Bandung pada Sabtu, 24 Agustus 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan