Kenapa Batuk Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

JABAR EKSPRESBatuk kronis yang tak kunjung sembuh selama lebih dari sebulan bisa sangat mengganggu kenyamanan seseorang, lalu kenapa penyebabnya?

Hal ini dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan dalam beberapa kasus, batuk yang tidak sembuh juga dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab batuk kronis dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Lihat juga : Apa yang Tersembunyi dari Sisi Liar Cowok yang Tak Terungkap oleh Cewek?

Tujuannya adalah agar batuk bisa segera mereda dan seseorang dapat kembali beraktivitas dengan normal.

Faktor Penyebab Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk kronis, yang terus berlanjut selama lebih dari sebulan, sebenarnya bukan suatu penyakit itu sendiri. Tetapi lebih merupakan gejala dari masalah kesehatan yang mendasarinya. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Misalnya, paparan polusi udara yang berlebihan, kondisi medis seperti infeksi, asma, masalah lambung, atau dampak samping dari penggunaan obat tertentu.

Lebih lanjut lagi, batuk yang tidak kunjung sembuh juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada sistem pernapasan seperti bronkitis kronis, kanker paru-paru, dan masalah jantung.

Karena alasan ini, batuk yang tidak mereda sebaiknya tidak di abaikan dan perlu segera mendapatkan perhatian medis.

Terutama jika di sertai dengan gejala lain seperti sesak napas, sakit tenggorokan, suara serak, sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri dada, demam, atau bahkan batuk dengan keluarnya darah.

Jika gejala-gejala tersebut muncul, langkah pertama yang perlu di ambil adalah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Anda juga dapat menghubungi dokter melalui chat terlebih dahulu, yang bisa di lakukan dengan mudah dan praktis dari mana saja dan kapan saja.

Cara Mengatasi Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Selain mengikuti arahan dokter dan mengonsumsi obat yang di resepkan, Anda dapat mengambil beberapa langkah pengelolaan mandiri untuk meredakan batuk kronis :

1. Minum banyak cairan terutama air putih hangat, untuk meredakan tenggorokan dan mencegah dehidrasi sehingga lendir tidak terlalu kental.

2. Hindari makanan yang dapat memperburuk batuk. Misalnya, makanan berlemak, pedas, dan asam yang bisa merangsang tenggorokan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan