Viral TikTok! Mengenal Pregnancy Nose dan Cara Mengatasinya!

JABAR EKSPRES – Istilah ‘pregnancy nose’ belakangan ini sedang hangat dibahas oleh warganet di media sosial TikTok. Sejumlah konten mengenai potret sebelum dan setelah kehamilan dibuat oleh ibu-ibu di TikTok.

Dari berbagai video viral yang beredar, terlihat perubahan yang cukup drastis pada wajah ibu hamil tersebut terutama di bagian hidung. Diketahui hidung ibu hamil tersebut semakin bertambah besar jika dibandingkan sebelum hamil.

Salah satu akun TikTok yang rutin mengunggah konten dengan #pregnacynose adalah @christikanewaulia. Unggahannya tersebut bahkan sudah ditonton sekitar 454,9 ribu tayangan.

Lantas, apakah setiap ibu hamil akan mengalami hal tersebut? Lalu apa saja yang menyebabkan ukuran hidung semakin besar saat masa kehamilan? Untuk lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini.

Kondisi ‘pregnancy nose’ akan membuat adanya perubahan fisiologi selama kehamilan. Tidak semua ibu hamil mengalami hal itu. Pasalnya hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Selain itu, munculnya hal tersebut tidak dapat diketahui secara jelas karena kadar hormon yang ada dalam tubuh setiap orang akan berbeda-beda dalam merespon perubahan.

Namun, membesarnya ukuran hidung saat masa kehamilan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Karena bukan suatu penyakit atau diagnosa medis tertentu yang perlu ditakuti.

Baca Juga: Studi: Perubahan Iklim Sebabkan Penyusutan Otak Manusia

Cara Mengatasi Pregnancy Nose

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meminimalisir ukuran hidung yang semakin membesar, diantaranya:

  • Menghindari berdiri terlalu lama
  • Usahakan agar berbaring dengan posisi kaki yang lebih tinggi
  • Usahakan jangan memakai pakaian terlalu ketat, khususnya pada bagian pergelangan tangan dan kaki
  • Kompres menggunakan air dingin pada area yang bengkak
  • Hindari minuman berkafein dan asupan natrium berlebihan
  • Cukupi setiap kebutuhan cairan harian
  • Pastikan agar tidak terlalu lama berada di luar ruangan saat cuaca panas
  • Pastikan agar tubuh tidak terlalu kelelahan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sesak Napas yang Muncul Tiba-Tiba, Bisa Dilakukan Sendiri

Umumnya kondisi tersebut hanya akan berlangsung sementara dan akan kembali normal dalam waktu sekitar enam minggu pasca melahirkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan