10 Bahan Alami Ampuh Hempaskan Batuk, Tak Usah Minum Obat Lagi

JABAR EKSPRES – Batuk memang sangat mengganggu apalagi batuk kering yang susah untuk disembuhkan meskipun sudah minum obat. Jika sudah mencoba bermacam obat namun tak kunjung sembuh, kamu bisa mencoba obat herbal dari bahan alami.

Ada sekitar 10 bahan alami dari tumbuh-tumbuhan yang ternyata bisa menyembuhkan batuk, tanpa harus meminum obat-obatan medis. Kamu akan mendapatkan daftar bahan alami tersebut di tulisan ini.

Bahan-bahan ini sebagaian selalu tersedia didapur kita, tanpa kita sadari ternyata bisa menjadi obat yang ampuh menyembuhkan batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak.

Beberapa bahan memang membutuhkan proses untuk pengolahannya, namun ada juga yang praktis tinggal dikonsumsi. tanpa membutuhkan proses yang rumit.

Misalnya penggunaan jeruk nipis, kamu hanya perlu memerasnya dan mengambil airnya untuk diminum saat merasakan ternggorokan gatal dan ingin batuk.

Kamu juga bisa mencampurkan beberapa bahan ini sekaligus, hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal, dan penyembuhan yang lebih cepat.

Berikut 10 bahan alami untuk menyembuhkan batuk, dilansir dari laman Halodoc :

1.Jahe

Rimpang Jahe merupakan salah satu bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini membantu kamu dalam meredakan batuk secara alami.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 dalam jurnal Chronic Respiratory Disease, meneliti sepuluh bahan alami termasuk jahe untuk pengobatan alami. Para peneliti menemukan bahwa jahe bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi batuk.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis dengan kandungan asam sitratnya mampu mengencerkan dahak sehingga mengusir batuk.

Bedasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya, dengan judul Effect Of Mixed Water Lime And Soy Sauce In The Healing Cough Of Toddler, menyebutkan campuran jeruk nipis dan kecap efektif meredakan batuk.

Baca juga :Redakan Flu Batuk dengan Ramuan Mujarab Madu dan Jahe, Begini Caranya

3. Daun thyme

Daun thyme atau daun timi ternyata juga ampuh mengatasi batuk, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan. Kamu bisa membuatnya menjadi teh dengan campuran daun thyme atau mencampurkan daun ini ke dalam masakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan