Jelang Menyambut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78, 30 Anggota Paskibraka Kota Bogor 2023 Resmi Dikukuhkan

JABAR EKSPRES – Wali Kota Bogor Bima Arya mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Bogor yang akan ambil bagian dalam rangkaian upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang akan digelar di Lapangan Sempur, Kota Bogor pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Ada 30 pelajar yang beruntung terpilih menjadi anggota Paskibraka dan resmi dikukuhkan dihadapan jajaran Forkopimda Kota Bogor, dan keluarga masing-masing anggota terpilih di Balai Kota Bogor pada Rabu, 16 Agustus 2023 sore.

Ketua Panitia Hari Besar Nasional Kota Bogor Syarifah Sofiah mengatakan, 30 anggota Paskibraka tersebut terdiri dari 15 putra dan 15 putri yang berasal dari sejumlah sekolah di Kota Bogor.

BACA JUGA : Sampaikan Intisari Pidato Joko Widodo, Ketua DPRD Kabupaten Bogor: Pilpres Adalah Perang Ide dan Gagasan

Seluruh anggota yang terpilih itu, dipastikan merupakan putra-putri terbaik yang sesuai kriteria dan sudah melalui proses seleksi yang panjang sejak beberapa bulan lalu.

Syarifah menjelaskan, sebelumnya ada sekitar 60 orang yang menjadi peserta seleksi rekrutmen anggota Paskibraka 2023.

“Mereka kemudian diseleksi berdasarkan tinggi badan, pengetahuan, kesamaptaan, ideologi Pancasila, baris berbaris, dan lainnya. Sebelum bertugas, mereka akan akan dikarantina,” tuturnya.

Ia berharap, para anggota yang dikukuhkan tersebut dapat fokus menjalankan tugasnya mengibarkan sang saka merah putih di hari kemerdekaan besok, sehingga menjadi momen sejarah yang tidak terlupakan bagi para anggota Paskibraka.

“Setiap tahun ada rasa bangga dan haru (saat menyaksikan pengukuhan). Terlebih momen ini dihadiri para orang tua masing-masing anggota yang ikut memasangkan sabuk dan pin merah putih. Ini menjadi kebanggaan bagi orang tua,” paparnya.

BACA JUGA : DPRD Kabupaten Bogor Undang Bacaleg ke Gedung Paripurna, Ini Tujuannya

Salah satu Instruktur Anggota Paskibraka, Sandy Akbar menambahkan, proses seleksi sudah berjalan sejak Bulan Maret 2023 lalu. Kemudian dilanjutkan dengan pembinaan jasmani sejak Bulan Juni hingga Agustus 2023.

Para peserta rata-rata berusia 16 tahun dan merupakan siswa kelas 11 sekolah negeri dan swasta di Kota Bogor.

“Mereka sudah mulai berlatih bersama pada tanggal 3 Juni 2023. Kalau mulai berlatih bersama instansi lain sejak awal Agustus 2023,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan