Baca Doa ini Selepas Sholat Duha, Untuk Meraih Keajaiban Hidup

JABAR EKSPRES- Sholat Duha adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk dilakukan pada waktu antara terbit matahari hingga sebelum matahari mencapai posisi tengah langit.

Setelah menunaikan sholat Duha, terdapat bacaan doa yang bisa diamalkan untuk memohon berkah, petunjuk, dan kebaikan dari Allah.

Doa ini menjadi momen penting untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, merenung, dan memohon anugerah-Nya. Berikut adalah bacaan doa selepas sholat Duha beserta maknanya:

BACA JUGA : Doa agar Terlindung dari Adzab Kubur

(1) اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَصْبَحْتُ مِنْكَ فِىْ نِعْمَةٍ وَّعَافِيَةٍ وَّاسْتُرْفِعَتُ بِهَا جَاهِىْ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِىْؕ فَتُوْبْ عَلَىَّ فَتُوْبَةً نَّصُوْحَةًؕ فَاِنَّكَ تُحِبُّ التَّوَابِيْنَ وَتُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

(2) اَللّٰهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ، وَاَدْخِلْنَا دَارَ السَّلاَمِ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

(3) اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْاَلُكَ اِلْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَاْلاٰخِرَةِ، اَللّٰهُمَّ اَسْاَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى دِيْنِىْ وَدُنْيَاىَ وَاَهْلِى وَمَالِىْ، اَللّٰهُمَّ اسْتُوْدِعُكَ مَا فِى نَفْسِىْ وَاَهْلِى وَمَالِىْ، اَللّٰهُمَّ اَسْتُوْدِعُكَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ، اَللّٰهُمَّ اَسْتُوْدِعُكَ مَوَاتِىْ وَاَحْيَاَىَ وَمَاتِىْ.

(4) اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْاَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَاجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ اَعْلَمْ، وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَاجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ اَعْلَمْ.

(5) اَللّٰهُمَّ اَنْتَ رَبِّىْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ، خَلَقْتَنِىْ وَاَنَا عَبْدُكَ، وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، اَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِىْ، فَاغْفِرْ لِىْؕ فَاِنَّهٗ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّاٗ اَنْتَ.**

(6) اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الْقَوِىُّ وَاَنْتَ الْمَنْصُوْرُ، اَنْتَ اَكْرَمَ مِنْ اَنْ تُّرْكَ. اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الْقَوِىُّ فَلَا تَعْجِزْنَا وَاَنْتَ الْمَنْصُوْرُ فَلَا تَنْصُرْنَا وَعَلَيْكَ الثَّقَةُ و

َاَنْتَ حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ.

(7) اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ اَنْ تَهْدِيَنَا وَتَهْدِيَ بِنَا وَتَصْلِحَ نَا وَتَصْلِحَ بِنَا وَتَعْفُوْ عَنَا وَتَعْفُوْ عَنَا وَتُقْنِطَنَا وَتُقْنِطَ بِنَا وَتَسْتَرْزِقَنَا وَتُسْتَرْزِقَ بِنَا وَتَسْتَعْمِلَنَا وَتُسْتَعْمِلَ بِنَا وَلَا تُؤْمِلْنَا اِلٰى اَنْفُسِنَا طَرْفَةَ عَيْنٍ وَلاَ اَقَلَّ مِنْ ذٰلِكَ.

(8) اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا.

(9) اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ اَنْ تُؤْتِيَنَا خَشْيَةَكَ فِى الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَاَنْ تُسَوِّدَ قُلُوْبَنَا وَقُلُوْبَ مَنْ اَحْبَبْتَ وَقُلُوْبَ الْمُسْلِمِيْنَ.

(10) اَللّٰهُمَّ آتِنِيْ فِيْ دُنْيَايَ حَسَنَةً وَفِيْ اْلاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنِيْ عَذَابَ النَّارِ.

(11) اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ لِىْ دِيْنِيَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ اَمْرِىْ، وَاَصْلِحْ لِىْ دُنْيَايَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِيْ، وَاَصْلِحْ لِىْ اٰخِرَتِيَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِيْ. وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِّىْ فِيْ كُلِّ خَيْرٍ وَاَجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ.

(12) اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَاجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ اَعْلَمْ، وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَاجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ اَعْلَمْ. اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْاَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَاَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِىُّكَ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِكَ عَبْدُكَ وَنَبِىُّكَ.

BACA JUGA : Adab Hutang Piutang dalam Islam, Agar Terhindar dari Dosa

Maknanya:

(1) Ya Allah, sesungguhnya aku telah memasuki nikmat, kesehatan, dan rezeki dari-Mu, dan dengannya pula kedudukan dan pengaruhku ditingkatkan.

Oleh karena itu, aku bertaubat kepada-Mu dengan taubat yang benar. Sesungguhnya, Engkau menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang bersih dari dosa.

(2) Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Memberi Kesejahteraan. Kesejahteraan berasal dari-Mu.

Oleh karena itu, hidupkanlah kami dengan kesejahteraan, masukkanlah kami ke dalam tempat kediaman yang penuh kesejahteraan. Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami, Maha Tinggi dan Maha Agung keagungan-Mu.

(3) Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk diberikan kesejahteraan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keampunan dan kesejahteraan dalam agamaku, dunia, keluargaku, dan hartaku.

Ya Allah, aku serahkan kepada-Mu apa yang ada dalam diriku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah, aku serahkan kepada-Mu orang-orang mukmin dan mukminat. Ya Allah, aku serahkan kepada-Mu hidupku dan kematianku.

(4) Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebaikan, baik yang terjadi segera maupun di masa depan, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.

Dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan, baik yang terjadi segera maupun di masa depan, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.

(5) Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau. Engkaulah yang menciptakanku, aku adalah hamba-Mu. Aku berada di bawah perlindungan-Mu dan janji-Mu sejauh kemampuanku.

Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang pernah aku lakukan. Aku mengakui nikmat-Mu atas diriku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya, tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan