Bencana Kebakaran Terburuk dalam Sejarah Hawaii, Lebih dari 61 Korban Tewas di Maui

JABAR EKSPRES – Gubernur Hawaii, Josh Green, mengungkapkan bahwa wilayah Maui yang telah terbakar parah akibat kebakaran hutan menyerupai pemandangan dari “zona perang”.

Kejadian ini telah menyebabkan kerugian yang cukup besar, dengan dampak yang terus meluas.

Sampai saat ini, korban jiwa yang dilaporkan telah mencapai angka 93 orang dan diprediksi masih akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Kobaran api yang tiba begitu cepat menghantam pantai barat laut Maui pada hari Selasa tanggal 8 Agustus, meratakan kota resor bersejarah dan menghancurkan segala yang berada di lintasannya.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Eropa dan Amerika Bisa Berdampak Bahaya untuk Tahun-Tahun ke Depan

Meskipun beberapa hari telah berlalu sejak awal bencana, tim pemadam kebakaran masih berjuang keras untuk mengendalikan laju kobaran api yang membara.

Dalam upaya pencarian dan penyelamatan, anjing-anjing pelacak telah dikerahkan untuk mencari korban di tengah reruntuhan kota yang hangus terbakar.

“Saat ini kami masih dalam fase pergolakan akut pemulihan, artinya kami masih saja menemukan nyawa yang hilang tragis,” kata Green pada Minggu, 13 Agustus 2023, seperti dikutip Reuters dalam pemberitaan MSNBC.

“Saat ini kami 93 (korban jiwa)… Ini zona perang, tetapi bantuannya luar biasa,” kata dia lagi.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Kanada Telah Merembet Hingga Perbatasan Amerika Serikat, Ratusan Hektare Dilahap si Jago Merah!

Kebakaran besar yang melanda wilayah ini telah mengakibatkan jumlah korban tewas yang mencengangkan, menjadikannya sebagai bencana alam terburuk yang pernah tercatat di negeri ini.

Angka korban tewas dari kebakaran ini telah melampaui rekor 61 korban yang dihasilkan dari tsunami pada tahun 1960, yang menerpa Hawaii hanya setahun setelah kepulauan ini resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat.

Dalam peristiwa yang melampaui ingatan banyak orang, tragedi ini bahkan melebihi peristiwa kebakaran mematikan yang terjadi di California pada tahun 2018, di mana 86 nyawa melayang.

Kebakaran ini kini menjadi bencana terburuk kedua dalam sejarah Amerika Serikat, berada di belakang hanya kebakaran hutan dahsyat pada tahun 1918 di Minnesota dan Wisconsin, yang menghantam dengan ganas dan mengakibatkan tewasnya 453 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan