Buruh Gelar Aksi Demo Hari Ini di Jakarta, Polda Metro Jaya Kerahkan 6.612 Personel

JABAR EKSPRES – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pihaknya bersama Polres jajaran menurunkan 6.612 personel hari ini Kamis, 10 Agustus 2023. Pasalnya, kelompok massa dari elemen buruh akan melakukan aksi demo.

Seperti diketahui bahwa aksi demo buruh tersebut terkait penyampaian pendapata di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat.

Sehingga Polda Metro Jaya dan Polres jajaran mengerahkan 6.612 personel untuk mengamankan dan mengawal demo buruh di depan Gedung DPR/MPR pada hari ini Kamis, 10 Agustus 2023.

BACA JUGA: Buruh KSPSI Cimahi dan Bandung Barat Dukung Ganjar jadi Presiden

“Tentunya perkuatan yang akan dilakukan penggelaran besok dalam rangka melayani dan juga mengawal, yaitu sejumlah 6.612 (personel),” kata Trunoyudo kepada wartawan, dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Ribuan personel gabungan yang diturunkan untuk pengamanan hari ini terdiri berbagai unsur seperti Polri dari Polda Metro dan Polres jajaran, serta dari TNI dan juga pemerintah daerah.

BACA JUGA: Program JKN Bantu Seorang Buruh Operasi Ablasio Retina

“Ditambahkan juga dari BKO TNI dan pemerintah daerah sejumlah 2.833 (personel), yang masuk bagian dari pada 6.612 tadi,” katanya.

Lebih lanjut, Trunoyudo juga mengimbau kepada elemen buruh para peserta aksi demo hari ini untuk melakukan aksinya secara tertib.

“Tentunya juga kami menghimbau kepada seluruh saudara-saudara kita elemen dari buruh untuk betul-betul melakukan penyampaian pendapat di muka umum ini menurut pada koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku, tertib, sehingga apa yang menjadi capaian tujuannya kita bisa amankan dan kita kawal dengan baik,” jelasnya.

Aksi demo buruh tersebut digelar oleh Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) pada Kamis, 10 Agustus 2023. Demo digelar di berbagai kota di Indonesia termasuk Jakarta dengan proyeksi massa mencapai satu juta buruh.

Panglima Aksi Akbar Ultra Damai 10 Agustus 2023, Arif Minardi mengatakan pada Selasa, 8 Agustus 2023 dalam konferensi pers di KSPSI Pusat bahwa aksi demo tahun ini jumlah massa yang dihimpun lebih banyak.

Sebagai informasi, ASSB adalah massa demo yang terdiri dari sekitar 40 organisasi pekerja, mahasiswa, masyarakat, dan lain-lain. Demo 10 Agustus 2023 di Jakarta akan dimulai dari kantor International Labour Organization (ILO) di Gedung Menara Thamrin menuju Istana Negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan