Tips Cara Menggunakan Toilet Umum dengan Sehat dan Aman!

JABAR EKSPRESToilet umum adalah fasilitas penting yang seringkali kita temui di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, stasiun kereta, bandara, atau restoran.

Meskipun sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan kita, penggunaan toilet umum juga bisa menjadi risiko bagi kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Kuku Menjadi Lebih Cantik dan Indah!

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara sehat menggunakan toilet umum agar dapat menghindari potensi risiko kesehatan dan menjaga kebersihan diri kita.

Berikut 7 Tips Cara Menggunakan Toilet Umum dengan Sehat:

  1. Cuci Tangan dengan Teliti

Salah satu langkah paling penting untuk menjaga kesehatan saat menggunakan toilet umum adalah dengan mencuci tangan dengan teliti.

Pastikan Anda menggunakan sabun dan air bersih untuk membersihkan tangan setelah menggunakan toilet.

Gunakan teknik mencuci tangan yang benar dengan menggosokkan tangan secara menyeluruh selama setidaknya 20 detik sebelum membilasnya dengan air bersih.

  1. Gunakan Tisu atau Kertas Toilet untuk Menutupi Permukaan

Toilet umum sering kali menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Untuk mengurangi risiko penularan penyakit, gunakan tisu atau kertas toilet untuk menutupi permukaan tempat duduk sebelum digunakan.

Hal ini akan membantu mengurangi kontak langsung dengan permukaan toilet yang mungkin terkontaminasi.

  1. Hindari Sentuhan Langsung dengan Tangan

Selalu hindari menyentuh permukaan toilet atau peralatan lainnya dengan tangan secara langsung.

Gunakan kaki Anda untuk menutupi dan membuka pintu kamar mandi atau gunakan tisu sebagai penghalang antara tangan dan permukaan yang mungkin terkontaminasi.

  1. Bawa Perlengkapan Kebersihan Pribadi

Saat menggunakan toilet umum, selalu bawa perlengkapan kebersihan pribadi, seperti tisu basah antibakteri atau cairan pembersih tangan berbasis alkohol.

Dengan memiliki perlengkapan ini, Anda dapat membersihkan tangan atau permukaan toilet dengan lebih efektif dan memastikan kebersihan yang lebih baik.

  1. Jangan Lupa Membilas dengan Benar

Setelah menggunakan toilet, jangan lupa untuk membilas dengan benar dan pastikan kran air bersih sudah tertutup setelah selesai.

Pastikan pula tidak ada air yang menggenang di sekitar toilet, karena bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan