Menjadi Hidangan Olahan Favorit, Ini 6 Manfaat Terong Ungu!

JABAR EKSPRES – Banyak diketahui bahwa sayuran memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya terong ungu, ketahui apa manfaatnya.

Terong sendiri memiliki berbagai jenisnya seperti terong telunjuk, terong pipit, terong ungu, terong putih, terong belanda, terong gelatik hingga terong kopek.

Namun, untuk jenis terong ungu sendiri menjadi salah satu terong yang banyak dikonsumsi dengan berbagai pilihan jenis olahan yang berbeda-beda.

Berikut beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya:

Manfaat Terong Ungu

  • Menjaga Kadar kolesterol

Kandungan asam klorogenik yang terdapat pada sayuran berwarna ungu ini memiliki manfaat bagi kesehatan dengan menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Dari Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Menjaga Kesehatan Hati

Kaya akan kandungan antioksidan seperti antocyanin, terong ungu ini dipercaya dapat melindungi hati dari serangan racun yang dapat menjadikannya penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Sel-sel yang ada pada otak dapat terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas dengan adanya kandungan antioksidan apabila kamu mengonsumsi terong ungu, selain itu kandungan yang ada juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada bagian sel saraf, dan manfaat lainnya adalah dapat membantu melancarkan aliran darah pada otak.

  • Mengurangi Risiko pada Jantung

Terong ungu memiliki kandungan serat, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan juga kandungan fitonutrien yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Daun Seledri, Bisa Turunkan Darah Tinggi!

  • Mencegah Risiko Diabetes

Terong ungu merupakan sayuran yang kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tubuh, dengan begitu risiko diabetes dapat tercegah dengan mebgonsumi sayuran ungu tersebut.

  • Mencegah Risiko Kanker

Kandungan zat-zat yang ada pada terong ungu dipercaya dapat mencegah risiko penyakit kanker apabila secara rucin mengonsumsinya. Selain itu terong ungu juga memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat memiliki efek antikanker.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan