Kenali Tanda-Tanda Akhir Zaman, Ciri Semakin Dekat dengan Kiamat

JABAR EKSPRES- Kiamat merupakan salah satu keyakinan penting dalam agama Islam. Dalam ajaran Islam, kiamat adalah hari terakhir kehidupan dunia, di mana seluruh makhluk akan dihidupkan kembali untuk menghadap pertanggungjawaban atas amal perbuatan selama di dunia.

Tidak ada yang mengetahui pasti kapan tepatnya hari kiamat akan tiba, tetapi dalam Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW telah disebutkan beberapa ciri-ciri khusus tentang tanda-tanda akhir zaman.

BACA JUGA : Bentuk-bentuk Shodaqah Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa ciri-ciri kiamat dalam Islam:

1. Munculnya Dajjal

Dajjal adalah sosok yang dipercayai sebagai tokoh palsu yang akan muncul menjelang kiamat. Dalam hadis, Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan tentang bahaya Dajjal dan peringatan untuk menjauhinya.

Dajjal akan membawa cobaan dan ujian besar bagi umat manusia. Ia akan menawarkan keajaiban dan kekayaan, namun sebenarnya, Dajjal adalah tipuan dan kesesatan yang harus dihindari.

2. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj (Gog dan Magog) adalah dua bangsa yang diyakini akan muncul menjelang hari kiamat. Mereka adalah bangsa yang sangat destruktif dan akan menyebabkan kerusakan besar di bumi.

Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan tentang bahaya dari Ya’juj dan Ma’juj serta ancaman yang mereka bawa. Mereka akan membawa kekacauan dan kehancuran sebelum tanda-tanda besar kiamat datang.

3. Turunnya Nabi Isa

Nabi Isa (Jesus) adalah salah satu nabi besar dalam agama Islam. Dalam ajaran Islam, diyakini bahwa Nabi Isa akan turun kembali ke bumi menjelang akhir zaman untuk menegakkan keadilan dan kebenaran.

Ia akan membantu Imam Mahdi dalam memerangi Dajjal dan membawa kedamaian serta keadilan bagi umat manusia.

4. Munculnya Dabbatul Ardh

Dabbatul Ardh adalah makhluk yang akan muncul sebagai tanda besar dari kiamat. Meskipun detail tentang makhluk ini tidak jelas dalam sumber-sumber Islam.

Tetapi diyakini bahwa Dabbatul Ardh akan muncul sebagai tanda adanya keajaiban Allah dan mendekati saat kiamat.

5. Kehancuran dan Bencana Besar

Salah satu tanda besar kiamat adalah munculnya bencana besar dan kehancuran di berbagai tempat di dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan